Distribusikan 9489 Paket MBG di Sebelas Sekolah, PEMPROV DKI Dukung Indonesia Emas 2045

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta konsisten menggencarkan ujicoba Makan Bergizi Gratis (MBG). Memasuki bulan kedua sejak dimulai pada 19 Agustus 2024, sebanyak 9.489 paket telah dibagikan kepada siswa mulai Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada hari ini, Rabu (23/10/2024), ujicoba MBG digelar di SMPN 270, Jakarta Utara melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Perumda PAM Jaya yang menyediakan makananan sebanyak 700 paket.

Melalui kegiatan ini, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi mendampingi Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka untuk meninjau proses distribusi MBG di SMPN 270. Wakil Presiden Gibran menyebutkan, kunjungan kali ini dilakukan untuk memastikan peserta didik mendapatkan asupan makanan dengan kalori yang dibutuhkan dan memastikan para siswa menyukai makanan tersebut.

“Jadi hampir sama dengan yang kemarin, kita lakukan ujicoba MBG dengan Pak Pj. Gubernur. Kali ini SMPN 270. Kita menyaksikan 700 siswa mendapatkan MBG yang komposisinya terdiri dari ayam teriyaki, tahu goreng, sayur capcai, dan buah jeruk sebagai pelengkap. Tadi di beberapa kelas suasananya luar biasa sekali,” ujar Wapres Gibran.

Karena itu, Pj Gubernur Teguh mengapresiasi peran serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melalui program CSR yang telah mendukung program MBG dengan menyediakan menu makanan berkualitas. Diharapkan, program MBG dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

“Syukur alhamdulillah sejauh ini kita telah konsisten dalam mendistribusikan ribuan paket makanan selama ujicoba MBG ini. Sesuai arahan pemerintah pusat, kita bersinergi dalam mensukseskan hal ini agar para peserta didik bisa mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup, sehingga bisa mengikuti proses belajar dengan optimal. Hal ini juga sebagai persiapan dalam menyiapkan Generasi Emas 2045,” kata Teguh Setiabudi.

Sedangkan Queena Cherylia, peserta didik kelas IX SMPN 270 menyambut baik kehadiran uji coba MBG tersebut. Menurutnya, varian menu yang disuguhkan sangat menarik. “Saya sangat suka dengan makanan bergizi gratis ini. Semoga terus berlanjut program ini. Lauknya menarik, ada sayur, ayam, dan buah. Terima kasih untuk Pak Wapres Gibran dan Pj Gubernur Teguh,” ujar Queena.

Setidaknya sebanyak 9.489 paket MBG telah didistribusikan ke sebelas sekolah di Jakarta selama dua bulan terakhir. Dengan rincian SDN Cideng 07, Jakarta Pusat sebanyak 498 paket; SDN Rawa Badak Utara 03, Jakarta Utara sebanyak 371 paket; SDN 04 Cipayung, Jakarta Timur sebanyak 800 paket; SDN Gunung 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sebanyak 620 paket; SDN 01 dan SMPN 03 Manggarai, Jakarta Selatan sebanyak 1.500 paket; SDN 05 dan 07 Wijaya Kusuma, Jakarta Barat sebanyak 700 paket; SDN 03 Rorotan, Jakarta Utara sebanyak 900 paket; SMAN 70 Bulungan, Jakarta Selatan sebanyak 1.300 paket; SMKN 26 Rawamangun, Jakarta Timur sebanyak 1.600 paket; SDN Menteng 03, Jakarta Pusat sebanyak 500 paket; serta SMPN 270, Jakarta Utara sebanyak 700 paket.

Sementara itu penyedia paket MBG dilakukan melalui dana operasional gubernur (498 paket) serta secara sinergi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yaitu Perumda Dharma Jaya sebanyak tiga kali kegiatan (2.421 paket), PT Bank DKI sebanyak empat kali kegiatan (2.570 paket), Perumda PAM Jaya sebanyak dua kali kegiatan (1.500 paket), PT Jakpro dalam sekali kegiatan (900 paket), PT Food Station Tjipinang Jaya dalam sekali kegiatan (1.600 paket). ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Di Kawasan Patung Kuda, SEBANYAK 1270 PERSONIL POLISI Diterjunkan Amankan Aksi Buruh

Bentuk Komitmennya, PEMPROV DKI Inginkan Program Makan Bergizi Gratis Harus Beri Menu Terbaik

Bersama Tiga Pilar, POLRI Gelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Jaya 2024