34.4 C
Jakarta
22 October 2024 - 14:24
PosBeritaKota.com
Nasional

Kabinet Merah Putih PRABOWO – GIBRAN Diisi 22 Wajah Lawas & 31 Orang Baru 

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sesuai dengan rencana, akhirnya Presiden Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan susunan ‘Kabinet Merah Putih‘ yang terdiri dari jajaran menteri dan kepala badan setingkat menteri, Minggu (20/10/2024) malam.

Seperti diketahui dengan seksama, para tokoh-tokoh yang merupakan calon menteri tersebut, sebelumnya juga sudah mulai berdatangan ke Istana Merdeka. Terlihat sejumlah tokoh yang antara lain mulai dari sosok Erick Thohir, Sri Mulyani hingga Bahlil Lahadahlia

Dari catatan POSBERITAKOTA terdapat 53 tokoh yang bakal atau menduduki kursi jabatan menteri di ‘Kabinet Merah PutihPrabowoGibran. Seperti terlihat mayoritas merupakan orang-orang baru. Sedangkan sisanya adalah menteri yang pernah menjabat di Kabinet Indonesia Maju atau KIM Joko Widodo (Jokowi).

“Selamat malam saudara-saudara sekalian. Sebagaimana telah saya umumkan bahwa setelah saya dilantik pada 20 Oktober 2024, malam harinya saya akan umumkan Kabinet Pemerintah Republik Indonesia periode 2024 2029. Dengan kesepakatan para ketua umum koalisi kami, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih,” kata Prabowo di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2024) malam.

Namun sebelumnya, Prabowo telah menyaring sejumlah nama-nama untuk masuk dalam bursa calon menteri kabinet pemerintahannya. Nama yang tersaring tersebut telah dipanggil untuk menemui Prabowo di kediaman pribadi di Kertanegara, Senin (14/10/2024) pekan lalu.

Prabowo mengatakan telah cukup lama memantau para calon menterinya, berdiskusi.dan menyatakan keinginannya menjadikan mereka sebagai menteri, wakil menteri dan kepala badan di pemerintahan kedepan.

“Juga, sebelum saya undang ke sini, sebenarnya mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Sebetulnya, hari ini hanya mengkonfirmasi. Saya konfirmasi, saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah, semuanya menyatakan sanggup,” ungkap Prabowo, lagi.

Berikut ini adalah daftar wajah lama di Kabinet Prabowo-Gibran : 1. Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Budi Gunawan), 2. Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto), 3. Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Pratikno), 4. Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (Agus Harimurti Yudhoyono) dan 5. Menko Pangan (Zulkifli Hasan).

Sedangkan 6. Muhammad Tito Karnavian (Mendagri), 7. Supratman Andi Agtas (Menteri Hukum), 8. Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan), 9. Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), 10. Saifullah Yusuf (Menteri Sosial), 11. Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian), 12. Bahlil Lahadalia (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), 13. Andi Amran Sulaiman (Menteri Pertanian), 14. Raja Juli Antoni (Menteri Kehutanan) dan 15. Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan).

Selanjutnya 16. Erick Thohir.(Menteri Badan Usaha Milik Negara), 17. Rosan Roeslani (Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM), 18. Budi Arie Setiadi (Menteri Koperasi), 19. Dito Ariotedjo (Menteri Pemuda dan Olahraga), 20. ST Burhanudin (Jaksa Agung) 21. Herindra (Kepala BIN), 22. Hasan Nasbi (Kepala Kantor Komunikasi Presiden).

Sedangkan sebagai Menteri atau Orang Baru adalah 23. Menko Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan (Yusril Ihza Mahendra), 24. Menko Pemberdayaan Masyarakat (Muhaimin Iskandar), 25. Prasetyo Hadi (Mensesneg), 26. Sugiono (Menteri Luar Negeri), 27. Safrie Samsoedin (Menteri Pertahanan), 28. Nazaruddin Umar (Menteri Agama), 29. Natalius Pigai (Menteri HAM).

Lalu 30. Agus Andrianto (Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan) 31.Abdul Muti (Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah),32. Satrio Sumantri Brodjonegoro (Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi, 33. Fadli Zon (Menteri Kebudayaan) 34. Yassierli (Menteri Ketenagakerjaan), 35. Abdul Kadir Karding (Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia/Kepala BPNTKI), 36. Budi Santoso (Menteri Perdagangan), 37. Dodi Hanggodo (Menteri Pekerjaan Umum).

Untuk 38. Maruarar Sirait (Menteri Perumahan dan Kawasan Pemukiman), 39. Yandri Susanto (Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal), 40. Iftitah Suryanagara (Menteri Transmigrasi) 41. Dody Purwagandhi (Menteri Perhubungan),42. Meutya Hafidz (Menteri Komunikasi dan Digital), 43. Nusron Wahid (Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN), 44. Rahmat Pambudi (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas).

Berlanjut 45. Rini Widyantini (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), 46. Wihaji (Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga), 47. Hanif Faisol Nurrofiq (Menteri Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup), 48. Maman Abdurrahman (Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah), 49. Widyanti Putri (Menteri Pariwisata) dan 50. Teuku Rifki Harsya (Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif).

Sodok yang ke- 51. Arifatul Choiri Fauzi (Menteri Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak), 52. AM Putranto (Kepala Staf Kepresidenan) serta 53. Teddy Indra Wijaya (Sekretaris Kabinet). ® RED/FATHONIE AG/EDITOR : GOES

  

Related posts

Pentas ‘Pesona Senandung Danau Toba’ Demi Gaet Wisatawan Datang ke Sumut

Redaksi Posberitakota

Safari Ramadhan ke Brebes, Setya Novanto Sumbang Kloset dan Traktor untuk Petani

Redaksi Posberitakota

Buat Investor & Pelaku Usaha, MENKUMHAM Minta ke Notaris Agar Dukung Tercapainya Iklim yang Kondusif

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang