25.8 C
Jakarta
25 October 2024 - 06:31
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Kawasan Patung Kuda, SEBANYAK 1270 PERSONIL POLISI Diterjunkan Amankan Aksi Buruh

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –  Sebanyak 1270 personil gabungan diterjunkan Polri, guna mengamankan unjukrasa dari Aliansi Buruh di Kawasan Patung Kuda (Monas), Jakarta Pusat dan sekitarnya.

“Dalam rangka pengamanan aksi elemen masyarakat dan aksi buruh di bundaran Patung Kuda Monas, Istana Negara dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 1270 personil gabungan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, di Jakarta, Kamis (24/10/2024).

Untuk personil gabungan tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar bundaran Patung Kuda Monas hingga di depan Istana Negara.

Pada bagian lain, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personil untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa aksi masuk ke dalam kawasan.

Sedangkan untuk penutupan atau pengalihan arus lalulintas di sekitar bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain bersifat situasional. Susatyo menyebutkan bnahwa rekayasa arus lalulintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan.

“Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalulintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran bundaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lalulintas yang akan mengarah ke depan akan dialihkan,” ujarnya.

Tak lupa Susatyo juga mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak memprovokasi dan terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis serta menjaga keamanan dan keselamatan.

Karena itu pula, Susatyo juga menghimbau kepada para koordinator lapangan (Korlap) dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa.

“Lakukan unjuk rasa dengan damai. Tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain,” pintanya.

Lebih lanjut, Susatyo menyebut personil yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata dan tetap menghargai massa aksi yang akan menyampaikan pendapatnya.

“Personil yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata. Hormati dan hargai saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dimuka dengan humanis dan profesional,” ucap Susatyo, mengakhiri. ® RED/POE-JI/EDITOR : GOES

Related posts

SELAIN HARUS TUNGGU INMENDAGRI, GUBERNUR ANIES BASWEDAN BILANG ATURAN LIBUR ‘NATARU’ MASIH DIGODOK OLEH JAJARANNYA

Redaksi Posberitakota

Mobil Dilarang Parkir, KASATPOL PP Semprot Pamdal DPRD DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Sinergi Tanpa Batas, PLN Gandeng Pemprov DKI & Balkoters lewat Turnamen Mini Soccer

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang