29.1 C
Jakarta
21 September 2024 - 21:04
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Ajang Pemilihan Duta Wisata Abnon Jakarta ke-52, PJ HERU BUDI : “Bagian dari Generasi Muda Guna Sampaikan Aspirasi”

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –
Malam puncak penyelenggaraan Abang None Jakarta Tahun 2024 berlangsung meriah di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2024) malam. Ajang pemilihan duta pariwisata Jakarta ini merupakan edisi yang ke-52.

Penjabat (Pj)Gubernur Heru Budi Hartono menyambut gembira terlaksananya pemilihan Abnon Jakarta ke-52. “Ajang Abang None Jakarta bagian dari generasi muda untuk memberikan aspirasi, pandangan-pandangan mereka terhadap kota Jakarta. Para finalis dinilai juri yang independen yang tidak bisa dipengaruhi siapapun,” katanya saat memberikan sambutan.

Heru Budi juga meminta agar para penilai untuk betul-betul menguji pengetahuan dan wawasan finalis Abnon. “Saya titip mungkin diberikan pertanyaan-pertanyaan terkait kota Jakarta menjadi Kota Global, apa itu Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Titip pertanyaan dan titip penilaian,” pinta Heru.

Finalis Abang None Jakarta 2024 berjumlah 36 orang atau 18 pasang, yang terdiri dari 3 besar juara Abang None Jakarta dari 5 kota administrasi dan 1 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Untuk seluruh finalis Abang None Jakarta 2024 telah menjalani masa pembekalan dari berbagai narasumber sejak 3 September 2024 hingga 13 September 2024. Sedangkan penjurian dilaksanakan pada 14 September 2024 (Preliminary Session) dan 15 September 2024 (penjurian one-on-one).

Sementara itu.para juri ajang tahun ini antara lain Hariyadi Sukamdani (bidang kepariwisataan), Ayu Dyah Pasha (bidang etika dan kepribadian), Rose Mini Agoes (bidang psikologi), Beky Mardani (bidang kebudayaan Betawi), Sri Haryati selaku Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta (bidang pemerintahan), Andy Rachmianto (juri bidang hubungan internasional), Joshua Simandjuntak (juri bidang ekonomi kreatif), Fifi Aleyda Yahya (juri bidang ‘public speaking’ dan bahasa asing) serta perwakilan Poppy Dharsono (juri bidang tata busana).

Dalam kesempatan pertama, ke-18 pasang finalis diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya sekaligus menjadi fase penilaian pertama. Selanjutnya delapan finalis terpilih melaju ke sesi tanya jawab dengan para juri secara acak. Mereka hanya diberikan waktu 30 detik untuk menjawab pertanyaan juri.

Sedangkan dari 8 pasang finalis disaring lagi hingga hanya tersisa tiga finalis Abang None. Ketiga finalis terpilih memasuki sesi tanya jawab terakhir bersama Heru Budi Hartono dan Mirdiyanti. Heru menanyakan satu pertanyaan pamungkas kepada ketiga Abang. Sementara Mirdiyanti bertanya kepada ketiga None.

Untuk puncaknya, Muhammad Hafidz (Abang Kepulauan Seribu) dan Aliya Nissa Thalib (None Jakarta Barat) resmi dinobatkan sebagai Abang None Jakarta 2024. Sementara itu, Wakil 1 Abang None Jakarta 2024 pasangan Mohammad Rayhan Prakarsa (Jakarta Timur)-Karina Moudy Widodo (Jakarta Pusat), dan Wakil 2 Abang None Jakarta 2024 pasangan Muhammad Ananda Louded (Jakarta Barat)-Callysta Khansa Fathinah (Jakarta Pusat).

Saat menyampaikan sambutannya, Pj Gubernur DKI Heru Budi sempat berpesan kepada para finalis siapapun yang akan terpilih. “Abang dan None yang ganteng dan cantik serta memiliki kepintaran dan kepiawaian luar biasa, yang akan menjadi perwakilan Jakarta dan membawa nama harum Jakarta,” pungkasnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

KNCI Siap Gelar Musda dan Jamda pada Oktober 2017 Mendatang

Redaksi Posberitakota

2 Januari 2018, KA BANDARA Soekarno-Hatta Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Redaksi Posberitakota

Inyong Ora Sudi, WONG TEGAL : Bersyukur Walikota Bunda Sitha Ketahuan Korupsi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang