Puasa dan Jelang Lebaran, Jalan Raya Kebalen-Babelan Bekasi Rusak Parah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Ini benar-benar kelewatan! Meski momentum Ramadhan (Puasa) sudah tiba dan jelang Hari Raya Idhul Fitri (Lebaran), tapi kondisi jalur Jalan Raya Perjuangan Kebalen-Babelan, Bekasi Utara, masih saja rusak parah.

Keluhan banyak titik jalan rusak, berlubang dan retak-retak, kerapkali diteriakan warga masyarakat pengguna jalan. Pasalnya, cukup membahayakan bagi para pengguna jalan raya, jika mengendarai kendaraan roda dua (motor) atau bahkan roda empat atau lebih (mobil).

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, seharusnya peka terhadap keluhan warga. Karena itu, jalur jalan raya antara Kebalen – Babelan sepanjang 5 km, mendesak perlu perbaikan secara menyeluruh,” kata Lamidi, warga Perumahaan Villa Gading Harapanan yang setiap hari melintasi jalan tersebut.

Akibat jalan raya yang setiap hari padat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat dan bahkan truk-truk berukuran besar, kondisi cor-corannya tak cuma pecah dan amblas. Tapi banyak juga yang berlubang sehingga kerapkali bikin celaka para pengemudi mobil dan sepeda motor yang melintas.

Wahono, tokoh masyarakat di RW.025 di Kelurahan Kebalen, menyebutkan kondisi jalan sudah rusak parah selama berbulan-bulan. Bahkan hampir tiga tahun belakangan, tak ada upaya dari dinas pekerjaan umum (Dinas PU) untuk segera melakukan perbaikan atau minimal penambalan jalan yang sudah rusak parah.

Baca Juga:  Evakuasi Korban Lion Air, TNI AL Kerahkan Unsur KRI & Puluhan Personel

“Jika jalan rusak didiamkan terus akan semakin banyak korban berjatuhan. Kami pun sudah berkali-kali menyampaikan keluhan ke kantor kelurahaan setempat. Termasuk sudah saatnya dilakukan pelebaran jalan,” ucap Wahono lagi.

Sedangkan dari hasil pemantauan POSBERITAKOTA, justru Jalan Raya Kebalen-Babelan, malah cuma dilakukan pelebaran, masing-masing selebar satu meter pada bagian kiri dan kanan jalan. Sementara untuk badan jalan, sedikit pun tak dilakukan perbaikan.

Karena itu, langkah perbaikan infrastruktur jalan raya utama di wilayah sepanjang Kebalen sampai Babelan, sudah sangat mendesak. Kalau bisa jangan ditunda-tunda, supaya tak memakan banyak korban. 

Kondisi jalan raya paling parah terdapat di tikungan Mesjid Darussalam. Begitu pula di dekat Pom Bensin mulai dari Warung Ayu sampai Gerbang Timur Perumahaan Villa Gading Harapan (VGH).

Lantaran selama 3 tahun tak ada upaya perbaikan, kerusakan jalan sudah merambah hampir merata. Kondisi cor-coran jalan pecah-pecah dan bahkan ada yang amblas mencapai 10 sampai 15 centimeter. Pasalnya, kendaraan truk besar bebas melintas, tanpa ada lagi pengaturan waktu. 

Bupati Bekasi Hj. Neneng Hasanah yang baru terpilih kembali dalam Pemilukada Serentak 2017 beberapa waktu lalu, diminta agar peka terhadap keluhan warga Kebalen, Babelan. □ Red/Goes

Beri Tanggapan