26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 06:36
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Menhub : Cegah Calo Gentayangan di Terminal Bus Antarkota

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kendati Lebaran masih lama, tapi calo sudah mulai gentayangan di sejumlah terminal bus antarkota. Mereka kerap mencari mangsa, ingin memperdaya calon penumpang yang hendak mudik ke kampung halamannya.

Biasanya korban yang merupakan calon penumpang, tertipu oleh harga tiket  yang sudah ditentukan Pemerintah. Sebab, akan jauh lebih mahal. Tapi, tak sedikit pula yang akhirnya, bisa diturunkan ditengah jalan.

Untuk mengantisipasi hal itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Ir Budi Karya Sumadi, telah mengintruksikan serta memerintahkan kepala terminal agar segera berkoordinasi dengan polsek-polsek setempat.

“Bahkan saya memerintahkan semua kepala terminal, supaya bikin dan memasang spanduk bertuliskan dilarang ada calo. Agar lingkungan terminal bus bersih dari calo, lakukan koordinasi dengan Mapolsek setempat,” pinta Menhub RI.

Budi Karya tak hanya sekadar meninjau lokasi terminal bus antarkota, tapi juga berdialog dengan sejumlah calon penumpang yang akan lebih cepat pulang atau mudik Lebaran. Awak (sopir) dan kelayakan kendaraan (mobil), juga dipertanyakan.

“Kepala Dinas Perhubungan, juga saya minta berkoordinasi dengan pengusaha otobus atau PO. Berikan pelayanan sebaik mungkin untuk para calon pemudik,” tegas Menhub lagi.

Langkah antisipasi pun, tidak boleh diabaikan. Sebab, pada pekan-pekan mendatang, pasti akan terjadi peningkatan jumlah penumpang hingga tiga kali lipat. 

Menhub pun tak hanya sidak ke terminal bus Kalideres (Jakarta Barat), tapi juga akan ke Kampung Rambutan, Pulogadung dan Bantar Gebang, Jakarta Timur. ■ Red/Tim PBK/Goes/Foto: Ist 

Related posts

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, WISATA LITERASI di Jakpus Dapat Sambutan Meriah

Redaksi Posberitakota

HIDUP DIMASA PPKM DARURAT, PEMERINTAH PERLU SEGERA GELONTORKAN BANSOS KE MASYARAKAT

Redaksi Posberitakota

Bahas Sampah & Hibah, WALIKOTA BEKASI Temui Anies di Balaikota DKI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang