Transaksi Miliaran Rupiah, Pengunjung Pasar Tanah Abang Membludak

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Ribuan pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, membludak. Mereka datang ke situ untuk membeli kebutuhan Lebaran. Jangan heran jika seluruh lorong kios di Blok A sampai Blok D dan Blok Metro, berjubelan lalu lalang calon pembeli.

Sejak pukul 10.00 WIB dibukanya pusat perbelanjaan pakaian terbesar di Asia Tenggara tersebut, pada H-7 sampai H-1 mendatang, dipastikan masih diramaikan para pengunjung. Para pedagang pun menangguk keuntungan besar.

Dari hasil pantauan POSBERITAKOTA, pengunjung tak hanya datang dari kawasan Jabodetabek saja. Banyak juga yang datang dari luar daerah, seperti Bandung, Bogor, Sukabumi, Banten dan sejumlah kota dari Jawa Tengah.

“Kami sering kewalahan dalam melayani pembeli. Sebab, setiap jelang Lebaran kayak begini, kami melayani pembeli satuan. Tidak seperti hari biasa, pembeli ambil per lusin atau kodian,” ucap Surati, pedagang pakaian di Blok D.

Diperkirakan omzet keseluruhan pedagang bisa mencapai milyaran rupiah. Jika satu pedagang dapat rata-rata Rp 5 sampai Rp 10 juta, dikali ribuan pedagang, tak kurang bisa mencapai Rp 5 atau Rp 10 milyar.

Selain pedagang yang menangguk untung gede, para tukang parkir pun meraih penghasilan besar. Sebab, untuk parkir motor, bisa dipatok sampai Rp 10 ribu. Sedang mobil bisa berkisar antara Rp 15 sampai Rp 20 ribu.

“Alhamdulillah, sehari bisa mengantongi antara Rp 200 atau Rp. 300 ribu. Itu untuk dibawa pulang ke rumah. Kami pun harus setor, per lapak mencapai Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta,” kata Rosidi, petugas parkir yang asli warga Betawi dari Tanah Abang, Jakarta Pusat. □ Red/Aldi/Desi/Goes



TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here