PosBeritaKota.com
Hukum

WFQR Lantamal I Koarmabar Amankan Bawang Merah dan Bonsai Ilegal dari Thailand

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kesigapan yang membuahkan prestasi membanggakan patut disematkan kepada Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melalui Tim Western Fleet Quick Response (WFQR)-1 Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, saat beroperasi di jalur perairan Sungai Air Masin, Kecamatan Seruwai, Kabupaten Aceh Tamiang.

Pasalnya, berkat kerja keras melakukan pengawasan ketat dan investigasi berdasarkan laporan masyarakat, Minggu (9/7) kemarin telah berhasil mengamankan dua unit boat kargo kayu dan dua unit mobil truk yang bermuatan 20 ton bawang merah dan pohon bonsai ilegal dari negara Thailand.​Menurut Danlantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan SH, keberhasilan mengamankan barang selundupan dari negara Thailand tersebut, bermula dari hasil pengembangan Info Intelijen (Elisitasi) Tim WFQR-1 dari masyarakat, karena diindikasikan bakal adanya barang seludupan yang akan masuk ke perairan Indonesia. 

Ditambahkan Danlantamal I Belawan, barang seludupan dari Thailand dengan tujuan Seruwai Sumatera Utara tersebut, diamankan oleh Tim WFQR-1 yang bergerak dari safe house dan kemudian mengadakan pengintaian sejak sehari sebelumnya.

Setelah melaksanakan pengintaian, pada Minggu dini hari sekira pukul 03.30 WIB, Tim WFQR-1 tiba dilokasi dan berhasil mengamankan 2 unit Boat Kargo kayu, KM Sumber Rezeki III (Gt.15 No. 114/GGd) dengan muatan bawang merah lebih kurang 20 ton, KM Trisula I (Gt 34 No. 448/QQG) muatan pohon bonsai lebih kurang 27 batang serta 2 Mobil Truk BK 9081 PB dan BK 9504 DC yang telah memuat bawang merah dan pohon bonsai sebanyak 8 Ton.​”Ini hasil pengembangan terhadap ABK pekerja yang berhasil diamankan atas nama Syamsudin alias Wak Can. Sedangkan pemilik barang diduga adalah seorang oknum TNI AD yang berdinas Kodim Aceh Tamiang atas nama Serma Saiful yang juga sekaligus sebagai pemilik Boat KM Sumber Rezeki III,” papar Danlantamal I Belawan.

Setelah dilakukan penangkapan, kapal dan muatan dikawal oleh Tim WFQR-1 menuju Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Langsa untuk dilaksanakan pemeriksaan lanjutan. Kemudian akan diserahkan kepada Bea Cukai kota Langsa untuk diproses hukum lebih lanjut. ■ Red/Goes

Related posts

Berdasarkan Asesmen BNN, NIA RAMADHANI & ARDI BAKRIE Bakal Jalani Rehabilitasi dari Ketergantungan Narkoba

Redaksi Posberitakota

TERKAIT KASUS DUGAAN PENISTAAN AGAMA, YOUTUBER MUHAMMAD KECE SUDAH DITANGKAP POLISI DI BALI

Redaksi Posberitakota

Kasasi Kabul, LQ INDONESIA : Ribuan Nasabah Asuransi Kresna Life Hanya Akan Dapat Tulang Belulang

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang