30.5 C
Jakarta
24 April 2024 - 14:02
PosBeritaKota.com
Hukum

Guspurla Koarmabar Tangkap 2 Kapal Pengangkut CPO di Perairan Selat Rupat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guspurla Koarmabar) berhasil menangkap dua kapal pengangkut Clude Palm Oil (CPO) di Perairan Selat Rupat, Minggu (30/7).

Penangkapan tersebut dilakukan salah satu unsur jenis Kapal Cepat Rudal (KCR), yakni KRI Surik-645 yang diperbantukan di Bawah Kendali Operasi (BKO) Guspurla Koarmabar.

KRI Surik-645 yang sedang melaksanakan opersi berhasil mendeteksi kapal pertama pada posisi 01° 42’ 3” U – 101° 26’ 3” T.

Selanjutnya dilaksanakan proses pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid) dan diketahui kapal bernama SPOB. SP 6 BSI.

Kapal tersebut akhirnya diketahui.milik PT. Berjaya Samudera Indonesia dan berbobot 2432 GT serta diawaki 16 orang anak buah kapal (ABK). Pada saat proses penangkapan, kapal tersebut bermuatan CPO sebanyak 1000 Liter.

Dari operasi lanjutan, KRI Siwar-645 juga berhasil mendeteksi dan mengamankan kapal kedua, jenis Tug Boat yang sedang menarik Tongkang pada posisi 01° 41’ 64” U – 101° 26’ 16” T.

Saat dilakukan pemeriksaan diketahui Tug Boat yang berbobot 158 GT TB. Mitra Kencana VIII dan Tongkang berbobot 2558 GT bernama TK Sumber Kencana, keduanya dimiliki PT Sumber Surya Kencana Inhu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal dari tim pemeriksa KRI Surik-645, diketahui kedua kapal tersebut melakukan pengalihan muatan di laut tanpa dilengkapi dengan surat ijin yang berlaku.

Untuk proses pemeriksaan lebih lanjut, kedua kapal beserta muatan dan seluruh ABK di kawal KRI Surik-645 menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai. ■ Red/Goes

Related posts

Masih di Polres Jakpus, KABID HUMAS POLDA METRO JAYA Membenarkan Artis NR & Suami Kesandung Kasus Narkoba

Redaksi Posberitakota

DISEBUT KARENA ALASAN SAKIT, LQ INDONESIA LAWFIRM RESPON & SAYANGKAN PETINGGI INDOSURYA KABUR

Redaksi Posberitakota

Dikenal Sebagai Asisten Ivan Gunawan, TERSANGKA AJA Diringkus Polisi karena Kepemilikan Kokain

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang