PosBeritaKota.com
Nasional

Pangarmabar Buka Geladi Waskita Dharma Dikreg XLIV Sesko TNI

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S Sos, membuka Geladi Waskita Dharma Dirkreg XLIV Sesko TNI TA. 2017 di Aula Yos Soedarso, Markas Komando Koarmabar, Jl. Gunung Sahari No. 67, Jakarta Pusat, Senin (7/8).

Peserta merupakan Perwira Siswa yang melaksanakan geladi di Koarmabar berjumlah 40 orang yang didampingi Staf, Patun dan pendukung dari Sesko TNI sejumlah 16 orang.

Dalam amanatnya Pangarmabar antara lain mengatakan bahwa Geladi Waskita Dharma yang akan dilaksanakan selama lima hari kedepan merupakan kegiatan yang dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mengaplikasikan pelajaran yang telah diterima.

“Aplikasi pelajaran, khususnya kemampuan dan keterampilan Perwira Siswa dalam menganalisa dan menyusun rencana tindakan, guna menghadapi kontinjensi bagi Kotama Operasi TNI. Oleh karena itu, merupakan suatu kehormatan bagi jajaran Koarmabar, mendapat kepercayaan dari Sesko TNI menjadi penyelenggara kegiatan Geladi Waskita Dharma,” tegas Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S Sos.

Dalam kesempatan itu, Pangarmabar juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Sesko TNI beserta seluruh staf, serta mengucapkan selamat datang kepada para Perwira Siswa dan rombongan dari Sesko TNI di Mako Koarmabar. Pangarmabar lebih jauh mengatakan bahwa Koarmabar di samping sebagai Kotama Operasi Mabes TNI juga sebagai Kotama Pembinaan TNI Angkatan Laut.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya banyak diwarnai oleh berbagai tantangan yang cukup kompleks sebagai implilkasi dari perkembangan lingkungan strategik, baik nasional, regional maupun global, dikarenakan perairan wilayah kawasan barat Indonesia adalah wilayah yang sangat strategis, namun juga menyimpan potensi ancaman yang sangat tinggi.

Hal tersebut, menurutnya, disebabkan wilayah kawasan barat berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan India. Sampai saat ini belum semua perbatasan laut sepenuhnya tuntas, sehingga sangat rawan terjadinya konflik antar negara.

Ditambahkan Pangarmabar belum lagi apabila mencermati konflik Laut Cina Selatan yang saat ini menjadi isu panas dunia. Permasalahan Laut Cina Selatan ini harus disikapi dengan kewapadaan tinggi dan penuh kehati-hatian, karena secara langsung ataupun tidak langsung akan turut mempengaruhi sistem politik dan perekonomian Indonesia baik di dalam maupun luar negeri.

Pangarmabar memaparkan bahwa wilayah kerja Koarmabar ini juga dilewati jalur ALKI I, Selat Malaka dan Selat Singapura merupakan salah satu jalur pelayaran internasional terpadat di dunia.

“Karenanya, hal tersebut patut diwaspadai, karena ancaman yang terjadi di wilayah tersebut tidak hanya berdampak terhadap kerugian negara tetapi juga akan mengganggu stabilitas keamanan nasional, regional, maupun global,” ucapnya, panjang lebar.

Dengan memperhatikan fakta dan fenomena tersebut, Koarmabar merupakan obyek yang sangat baik dan cukup menantang bagi Perwira Siswa dalam memantapkan diri pada bidang perencanaan strategi.

Menutup wejangannya, Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S Sos, mengharapkan melalui Geladi Waskita Dharma ini akan dapat melahirkan ide-ide pemikiran yang cemerlang yang dapat menjadi masukan bagi Koarmabar dalam menyusun rencana tindakan kontinjensi atau rentinkon guna terciptanya penegakan kedaulatan, hukum dan kemanusiaan dalam bencana maupun kejadian di laut di perairan wilayah Barat Indonesia. ■ Red/Goes

Related posts

Di Setjen DPR RI, KPK Umumkan Penyidikan Perkara Dugaan Soal Korupsi Pengadaan Kelengkapan Rumah Jabatan

Redaksi Posberitakota

Rutin Tiap Tahun, PEMKOT YOGYAKARTA Kembali Gelar ‘Jamasan Pusaka’

Redaksi Posberitakota

Diusulkan Kemensos, GUS DUR Berpeluang Menerima Gelar Pahlawan Nasional

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang