32.6 C
Jakarta
19 March 2024 - 18:07
PosBeritaKota.com
Politik

Dailami Firdaus Berikan Apresiasi Pembentukan Kelompok Persahabatan Parlemen Indonesia dan Filipina

MANILA (POSBERITAKOTA) -Wakil Ketua Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dailami Firdaus, menyambut gembira sekaligus memberikan apresiasi terhadap pernyataan Ketua Komite Urusan Luar Negeri Senat Republik Filipina, Senator LorenLegarda, untuk membentuk semacam Kelompok atau Komite Persahabatan Parlemen Indonesia dan Filipina.

“Pada kesempatan ini, saya menyatakan bahwa Komite Persahabatan Parlemen Indonesia dan Filipina dibentuk. Sedang bagi yang hadir dalam pertemuan ini, dimasukkan atau otomatis sebagai pendirinya,” ujar Senator Loren Legarda, Rabu (9/8) di Manila, Filipina.

Pernyataan Senator Legarda tersebut disampaikannya dalam pertemuan dengan delegasi BKSP DPD RI yang mengadakan kunjungan kerja ke Filipina, sejak tanggal 8-10 Agustus 2017.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua Delegasi BKSP Prof Dr Dailami Firdaus menyambut gembira pernyataan Senator Legarda untuk membuat kelompok persahabatan parlemen kedua negara tersebut.

“BKSP DPD RI memberikan apresiasi. Hubungan parlemen Indonesia dan Filipina sangat baik. Jadi Senator Legarda merasa mengapa dengan negara seperti Belarusia saja mereka punya kelompok persahabatan parlemen, tetapi dengan DPD RI tidak?” Begitu papar Dailami Firdaus, anggota DPD RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta.

Pembicaraan delegasi BKSP DPD RI dan Komite Luar Negeri Filipina membahas beberapa isu antara lain pentingnya parlemen memberikan dukungan pemberantasan terorisme, bahaya obatan-obatan terlarang, kerjasama ekonomi dan energi terbarukan.

Senator Legarda juga mengundang Brigjen Charito B. Plaza dalam pertemuan tersebut, Direktur Otoritas Zona Ekonomi Filipina (PEZA), sebuah BUMN Pemerintah yang bertugas mengembangkan investai dan kawasan khusus Filipina.

“Model diplomasi ekonomi Senat Filipina yang melibatkan unsur dunia bisnis ini dapat terjadi karena telah terjalin kepercayaan di antara keduanya. Saya kira, model ini perlu kita kembangkan juga di DPD RI, bahkan termasuk dengan masyarakat sipil pada isu-isu non-ekonomi,” ucap Dailami mengakhiri tanggapannya.

Ikut serta dalam rombongan delegasi BKSP ke Filipina. Mereka adalah Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba (anggota DPD RI dapil Sumatera Utara), H Abu Bakar Jamalia (Jambi), Ahmad Jajuli (Lampung), Dr. I.G.N. Arya Wedakarna MWS III (Bali), dr. Delis Julkarson Hehi (Sulawesi Tengah), Adrianus Garu (Nusa Tenggara Timur) dan Pendeta Carles Simaremare (Papua).

Selain agendan utama ke Senat, anggota delegasi BKSP akan bertemu Komite Luar Negeri, Komite Hubungan Parlemen & Diplomasi dan Ketua DPR Filipina serta ke Asian Development Bank (ADB) dan Pusat Pengembangan Pendidikan Tenaga Kesehatan Filipina. ■ Red/Goes

Related posts

Punya Modal Besar, KETUM FB LASKAR MERAH PUTIH Sebut Sosok Airlangga Hartarto Layak Ikut Capres 2024

Redaksi Posberitakota

SELAIN COBLOS PEMILU 14 PEBRUARI, KOMISI II DPR RI PUTUSKAN PILKADA SERENTAK DIGELAR 20 NOPEMBER 2024

Redaksi Posberitakota

Pemilukada Serentak Masih Setahun Lagi, PAN Kota Tegal Belum Tentukan Sikap

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang