PosBeritaKota.com
Nasional

Pangarmabar Memimpin Sertijab Lima Jabatan Strategis di Jajaran Koarmabar

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S Sos, memimpin serah terima jabatan (Sertijab) lima jabatan strategis di jajaran Koarmabar.

Pelaksanaan Sertijab itu sendiri digelar dalam suatu upacara militer di Lapangan Arafuru, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No 67, Jakarta Pusat, Kamis (10/8).

Sedangkan untuk ke-5 jabatan yang diserahterimakan yaitu Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Komandan Lantamal) I Belawan dari Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan SH kepada Kolonel Laut (P) Ali Triswanto SE MSi, Komandan Lantamal II Padang dari Laksamana Pertama TNI Rudwin Thalib SE kepada Kolonel Laut (P) Agus Sulaeman M Sc.

Sedangkan Komandan Satfibarmabar dari Kolonel Laut (P) Heri Widodo S AP kepada Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, Komandan Denma Mako Koarmabar dari Letkol Laut (P) Agus Sriyanto SE M Tr Hanla kepada Letkol Laut (P) Saryanto dan pengukuhan Komandan Denintelarmabar kepada Letkol Laut (P) Bambang Subeno M Tr Hanla.

Dikatakan Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S Sos bahwa serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak dinamis, agar dari waktu ke waktu menjadi semakin lebih baik.

Pergantian pejabat, menurut Pangarmabar, bukanlah sekedar pergantian personel semata, tetapi juga bermakna sebagai wujud kepercayaan dari pemimpin TNI Angkatan Laut yang diberikan kepada perwira terpilih.

“Disamping itu, serah terima jabatan juga merupakan proses regenerasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman bagi perwira, sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan secara profesional demi kemajuan organisasi,” paparnya.

Pangarmabar menambahkan bahwa tugas pokok Lantamal sebagai Kolakduk, menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di bidang maritim serta tugas-tugas lainnya berdasarkan kebijakan Kasal.

Sedangkan Satfib Koarmabar selaku pelaksana pembinaan satuan kapal-kapal amfibi, melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan amfibi. Sebagai unsur pelayanan sekaligus fungsi kemarkasan yang merupakan tugas Denma Mako Koarmabar bukan saja menentukan tampilan fisik Koarmabar, namun juga bertugas melaksanakan penegakan tata tertib, disiplin dan pemeliharaan lingkungan agar tetap terjaga kebersihan, keasriannya dan ketertiban serta kelancaran kegiatan protokoler.

Sementara itu Denintelarmabar sebagai pelaksana fungsi intelijen tingkat Kotama, memiliki peran intelijen baik penyelenggaraan kegiatan maupun operasi intelijen untuk menghasilkan bahan keterangan atau informasi yang akurat untuk membantu Pangarmabar dalam pengambilan keputusan atau kebijakan.

Semua tugas dan tanggung jawab tersebut menjadi satu kesatuan yang utuh dan melekat pada masing-masing bagian dalam mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut khususnya tugas pokok Koarmabar. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan manajerial yang baik bagi para pemegang komandonya, dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya secara optimal guna terbinanya kemampuan tempur prajurit matra laut yang profesional.

Menutup pengarahannya, Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S Sos, menyampaikan beberapa penekanan diantaranya agar membina serta memimpin Satker masing-masing dengan benar berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut, pahami dan laksanakan perintah harian Pangarmabar sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas atau kedinasan, melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional sesuai koridor hukum yang berlaku, melaksanakan pembinaan personel untuk meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit matra laut yang handal dan disegani, tingkatkan kepedulian terhadap setiap pelaksanaan kegiatan di satuan kerjanya dan sesuaikan dengan “SOP” demi tercapainya zero accident dan membangun sinergitas dengan Satker terkait sesama komponen TNI, Polri dan Instansi Pemerintahan serta masyarakat guna tercapainya tugas pokok Koarmabar.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Koarmabar Laksamana Pertama TNI Yudo Margono SE, Komandan Guskamlaarmabar Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto M Tr (Han), Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Muchammad Richard SH MM, Komandan Lantamal XII Pontianak Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, Pejabat Utama Koarmabar dan para Komandan Satuan Jajaran Koarmabar. ■ Red/Rilis/Goes

Related posts

DPD RI : Kualitas Pengolahan Sampah di TPST Bantargebang Harus Ditingkatan

Redaksi Posberitakota

Mensos Cek Penyaluran Bansos PKH Jelang Tahun Ajaran Baru Sekolah

Redaksi Posberitakota

Sebanyak 90 Personel Militer Terima Pembekalan MPAT Tempest Express 30

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang