Lho…Kok, DJAROT SAIFUL HIDAYAT Tak Hadir pada Pelantikan Anies-Sandy

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upacara pelantikan Anies Baswedan-Sandiaga Uno oleh Presiden Joko Widodo, Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, tidak hadir. Tidak diketahui di mana keberadaan Djarot, yang sebelumnya pernah berujar kepada pers bahwa ia akan berlibur barang dua atau tiga hari dengan keluarganya ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kebetulan anak-anak belum pernah ke sana,” katanya saat itu kepada pers. Anies dan Sandi, dalam upacara pelantikan yang dipimpin Jokowi, mengucapkan sumpah dalam agama Islam yang mereka anut, menirukan kalimat-kalimat sumpah jabatan yang diucapkan Jokowi.

Saat mengucapkan sumpah, seorang rohaniwan Islam meletakkan Alquran di kepala Anies. Setelah pengucapan sumpah jabatan, Anies yang maju pertama kali ke meja di mana naskah pelantikan jabatan itu diletakkan. Ia memberi hormat terlebih dulu kepada Jokowi sebelum mengambil ballpoint untuk menandatangani naskah itu.

Tata cara sama juga dilakukan Sandi saat menandatangani naskah pelantikan jabatan itu. Beberapa tokoh politik nasional hadir pada upacara pelantikan Anies-Sandi antara lain Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, mantan pesaing Anies-Sandi di kursi gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono dan Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Segenap jajaran Kabinet Kerja pimpinan Jokowi juga hadir. Anies pernah berdiri di ruangan di mana ia dilantik hari ini saat ia dilantik menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan pada kabinet pertama Jokowi, pada 2014. Kini, ia berdiri lagi di ruangan itu, dalam seragam putih-putih, sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, dan sejumlah janji politik saat mereka berkampanye ditunggu warga untuk diwujudkan. ■ Red/Ays

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here