Genap Berusia 492 Tahun, WARGA IBUKOTA Diminta Proaktif Terlibat Dalam Berbagai Pembangunan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pada tanggal 22 Juni 2019, Kota Jakarta genap berusia 492 tahun. Berkenaan dengan usia yang sangat matang, Gubernur Anies Baswedan berharap agar warga dan masyarakat swasta lebih proaktif melibatkan diri secara langsung dengan pemerintah dalam pembangunan di bidang apapun.

Anies menginginkan agar Ibukota yang menjadi tolok ukur bagi daerah lain di Indonesia semakin banyak warganya yang mau berkontribusi untuk membangun Jakarta agar lebih maju. “Pada momen menyambut HUT ke-492 Kota Jakarta, saya menginginkan perubahan Jakarta dilakukan dengan kolaborasi baik perorangan dengan pemerintah maupun swasta dengan pemerintah,” ujar Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (21/6).

Dengan makin banyaknya warga yang terlibat dalam pembangunan, maka akan lebih terarah kepada kepentingan umum. “Harapannya kita lebih banyak mau berkontribusi. Jadi salah satu pesannya mari kita terlibat, mari kita ikut membangun Jakarta,” kata Anies. Menurutnya, kemampuan di bidang apapun dapat dikontribusikan kepada program pembangunan.

Dalam kesempatan ini, Anies juga menjelaskan dalam rangka merayakan ulang tahun kota Jakarta, Pemprov DKI menggelar berbagai kegiatan. Adapun serangkaian acara untuk memeriahkan peringatan HUT Kota Jakarta ini Pemprov DKI mengusung tema ‘Wajah Baru Jakarta’. Menurut Anies, wajah baru bukan hanya mengubah penampilan tetapi juga mindshet warganya. “Pola pikir harus berubah,” tandasnya.

Salah satu yang dia contohkan adalah pembangunan fasilitas transportasi. Jika dulu prioritas pembangunan urutannya fasilitas kendaraan pribadi, kendaraan umum, sepeda, dan pejalan kaki. “Namun sekarang diubah dengan mengutamakan pejalan kaki, fasilitas sepeda, kendaraan umum, dan terakhir baru kendaraan pribadi. Jadi kebaruan itu bukan hanya penampilan fisik, tapi juga pada mindsetnya, nah ini juga yang kita lakukan termasuk merayakan ulang tahun Jakarta,” ucap Anies.

Dalam perayaan HUT Jakarta ini Pemprov DKI akan menampilkan berbagai pertunjukan untuk menjamu seluruh warga mulai dari penampilan musik, seni, budaya, dan kuliner yang akan di gelar di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada puncak perayaan mulai Sabtu sore hingga selesai. ■ RED/JOKO/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here