Bikin MoU, POLRES-PEMKOT untuk Program Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polri

SERANG (POSBERITAKOTA) –Kepolisian Resor (Polresta) Serang Kota dan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Nota kesepahaman tersebut bertujuan untuk  program pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri sumber putra putri warga Kota Serang yang memiliki keunggulan dan prestasi serta kekhususan yang bermanfaat bagi institusi Polri.

Sedangkan acara penandatanganan yang digelar di Aula Pemkot Serang, Senin (6/11), juga dihadiri Kepala Biro SDM Polda Banten Kombes Pol Andi Syahriful, Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, Walikota Serang Tb Haerul Jaman, Kabag Dalpres Polda Banten AKBP Romel, para pejabat utama Polres Serang Kota dan Pemkot Serang, para Kapolsek serta puluhan siswa dari berbagai SLTA di Kota Serang.

Dikatakan Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, penandatanganan MoU ini merupakan wujud kepedulian Walikota Serang terhadap generasi muda Kota Serang yang ingin mengabdikan diri menjadi personil Korps Bhayangkara. Dengan adanya pelatihan dan pembinaan, para generasi muda yang mempunyai cita-cita menjadi polisi akan mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan, mulai dari pengetahuan, mental maupun fisik.

“Tentu saja, kami berharap para siswa SLTA ini sudah bisa mempersiapkan diri ikut pelatihan dan pembinaan sehingga nanti akan sangat membantu dalam menghadapi segala ujian,” tegas AKBP Komarudin.

Kapolres juga menambahkan bahwa dari tahun ketahun warga Kota Serang yang diterima menjadi polisi kian bertambah. Untuk tahun 2017 ini, kata Kapolres, sebanyak 57 generasi muda Kota Serang lolos seleksi di kepolisian dan saat ini tengah menjalani pelatihan di sekolah SPN.

“Semakin banyak warga Kota Serang yang ingin menjadi polisi, ini sesuai dengan keinginan Bapak Walikota untuk kuota penerimaan kami akan perjuangkan untuk ditambah,” ucap Kapolres.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengungkapkan program pelatihan dan pembinaan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh siswa-siswi SLTA yang berminat menjadi anggota Polri.

Jaman juga memaparkan bahwa  program Polres Serang Kota sangat luar biasa dalam memperjuangkan muda-mudi Kota Serang sehingga memiliki banyak kesempatan untuk diterima menjadi anggota Polri.

“Karenanya, sebagai Walikota saya berpesan agar siswa-siswi SLTA di Kota Serang memingkuti program ini dengan sebaik-baiknya. Dengan mengikuti program ini, saya yakin jumlah warga Kota Serang yang lolos seleksi akan bertambah,” harapnya.

Sementara itu Karo SDM Polda Banten, Kombes Pol Andi Syahriful memaparkan bahwa program pelatihan dan pembinaan ini belum diterapkan sebelumnya. Program ini merupakan gagasan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencari personil Polri yang berkualitas yang berasal dari daerah setempat.

“Yang jelas, program ini harus sudah berjalan paling lambat minggu kedua bulan ini (Nopember-red). Saya berharap kesempatan ini harus digunakan sebaik-baiknya,” tutup Kombes Pol Andi. ■ Red/ARIA/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here