Rapat Koordinasi, KAPOLDA BANTEN Cegah Teror Natal dan Tahun Baru 2018

SERANG (POSBERITAKOTA) – Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Banten melakukan antisipasi sedini mungkin terhadap ancaman aksi teror khususnya pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah Menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru 2018 di Pendopo Gubernur Banten KP3B, Kamis (14/12).

“Yang pasti, segala bentuk ancaman teror pada akhir tahun, sudah kami ambil langkah pencegahan hingga nanti bersifat represif jika sekira diperlukan,” tegas Kapolda.

Dalam acara Rakor Muspida tersebut, ikut hadir Gubernur Banten Wahidin Halim, Danrem 064/Maulana Yusuf Kolonel Czi Ito Hediarto serta pimpinan instansi terkait lainnya.

Sebagai upaya langkah pencegahan, dijelaskan Kombes Listyo, Polda Banten berharap adanya kerjasama dari TNI, tokoh-tokoh masyarakat serta pemerintah daerah (Pemda). Jika di daerahnya ada kelompok tertentu yang perlu diawasi dan tempat-tempat yang biasa disewakan yang penghuninya tidak dikenal diharapkan untuk segera melapor ke pihak kepolisian.

“Jadi, jika ada tempat yang biasa dikontrakkan yang sekiranya mencurigakan, saya berharap adanya peran serta semua pihak. Segera melapor untuk tindakan pencegahan,” paparnya.

Masih dalam kaitan pengamanan di tempat ibadah, Polda Banten pun berharap ada dukungan juga dari TNI dan Pemda, apabila ada satuan yang bisa dikerahkan untuk diturunkan. Bahkan Mapolda Banten akan melibatkan ormas-ormas.

“Sebab, di tahun kemarin, kita melibatkan MUI (Majelis Ulama Indonesia). Semoga tahun ini ada ormas lain yang ikut bergabung, kita tunjukkan etalase keberagaman di Banten sangat baik dan perlu dicontoh,” kata mantan ajudan Presiden Joko Widodo tersebut.

Sedangkan soal titik pengamanan, menurut Kombes Listyo, Polda Banten memfokuskan pengamanan di tempat-tempat ibadah, jalur mudik, jalur menuju objek wisata serta lokasi-lokasi wisata di Banten.

“Hal itu mengingat kita punya Pelabuhan Merak yang menjadi akses mudik dari dalam ke luar Jawa dan sebaliknya. Kemudian di tempat wisata, pada libur nanti masyarakat dari mana-mana kerap memenuhi tempat itu,” paparnya.

Untuk keterlibatan personel, Polda Banten akan mengerahkan sekitar 3.000 personel untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang. ■ Red/ARIA/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here