27.8 C
Jakarta
27 April 2024 - 04:03
PosBeritaKota.com
Megapolitan

2 Januari 2018, KA BANDARA Soekarno-Hatta Siap Diresmikan Presiden Jokowi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Tak lama lagi sarana transportasi Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta bakal diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jika tak ada aral melintang, pengoperasionalannya dipastikan mulai 2 Januari 2018 mendatang.
Kepastian tersebut diutarakan Menteri Perhubungan RI, Ir Budi Karya Sumadi, Selasa (19/2) kemarin di Jakarta. Menurutnya, jalur transportasi KA Bandara Soekarno-Hatta, dibangun oleh PT Railink. Diharapkan bisa sesuai target yang telah dicanangkan.

“Untuk pengoperasionalan KA Bandara, sudah siap diresmikan oleh Presiden Jokowi, tepatnya pada 2 Januari 2018 mendatang. Semua itu, kita serahkan kepada KAI,” tutur Menhub.

Dipaparkan Ir Budi Karya bahwa dengan bakal diresmikan KA Bandara di awal tahun nanti, maka pengoperasiannya terhitung mundur satu bulan dari jadwal awal. Sebelumnya bakal diresmikan 1 Desember. Tertunda karena ada beberapa hal yang harus dikoordinasikan.

“Seharusnya pada 1 kemarin sudah bisa dioperasikan rutin. Sedang komersialnya nunggu diresmikan Bapak Presiden Jokowi. Sekarang, baru semacam simulasi terhadap beberapa rangkaian-rangkaian baik yang di Jakarta maupun di Soekarno Hatta dulu supaya matching,” tegas dia lagi.

Pada kesempatan berbeda, Menteri BUMN Rini Soemarno menegaskan untuk pengoperasian KA Bandara menunggu semacam perkerasan jalur baru yang dilewati oleh kereta supaya kecepatannya bisa optimal ketika dilewati.

PT Railink selaku operator telah menyiapkan 10 trainset kereta api Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. Jadwal pengoperasian kereta akan tiba setiap 30 menit sekali, mulai dari pukul 3 dini hari sampai pukul 03.00 WIB. ■ Red/RIO/Ays

Related posts

Diikuti 100 Peserta Tingkat SD & SMP, SUDIN PUSIP JAKPUS Gelar Pelatihan Kelola Perpustakaan

Redaksi Posberitakota

Terancam Dilaporkan ke BKD, OKNUM DEWAN Tolak 2 Nama Cawagub DKI

Redaksi Posberitakota

Jangan Memaki Gubernur DKI via Medsos, TUKUL ARWANA Sebut Banjir Merupakan Masalah Bersama

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang