Ada 160 Juta, PEMILIH PEMULA di Pemilukada Serentak 2018

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 bakal dimeriahkan 160 juta pemilih pemula. Itu setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan pencatatan secara akurat.

Total keseluruhan ada 160.756.143 jiwa yang akan jadi pemilih pemula. Mereka merupakan kalangan remaja 17 tahun dan sudah memiliki hak suara. Demikian ditegaskan Abhan, Ketua Bawaslu, saat berbicara dalam diskusi, Rabu (17/1) kemarin.

Sedangkan data tersebut sudah masuk dalam daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) yang bakal memberikan suaranya dalam Pilkada Serentak 2018 mendatang. Ada 80.608.811 jiwa pemilih laki-laki dan 80.147.332 jiwa pemilih perempuan.
Bawaslu pun meminta agar data tersebut masuk ke daftar pemilih.

 “Sebab, tidak menutup kemungkinan dalam pencoplosan, mereka ada juga yang belum memikiki KTP. Bisa jadi mereka tak diperbolehkan memberikan hak suara.

Melalui PPL (pengawas pemilu lapangan), pihak Bawaslu melakukan pencocokan sekaligus penelitian data pemilih. “Hal itu sebagai bentuk pengawasan warga, agar mereka terdaftar lebih dulu, kemudian pada hari H bisa melakukan pencoblosan,” harap Abhan.  Red/DWI/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here