Ramai dan Aman, RIBUAN WARGA TIONGHOA Rayakan Imlek 2569 di Kota Serang

SERANG (POSBERITAKOTA) □ Perayaan Tahun Baru Imlek 2569 masing-masing di Vihara Avalokistevara Banten Lama dan Vihara Metta di Kota Serang, berlangsung meriah dan aman, Jumat (16/2). Ribuan warga Tionghoa berbaur dalam perasaan suka cita.

Nampak ribuan pengunjung dari berbagai wilayah, silih berganti berdatangan untuk melakukan ibadah dan berkumpul bersama keluarga di vihara. Bahkan tidak sedikit, warga Tionghoa berdatangan dari luar Banten. Baik dari Bogor, Lampung dan bahkan Jakarta.

“Datang ke sini untuk ibadah dan sekaligus untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Pengunjung di sini kelasnya sudah nasional. Datang dari Jakarta, Tanggerang maupun se-Jabotabek,” ucap Ketua Umum Vihara Avalokistevara, Omking.

Kemeriahan memuncak karena warga sekitar ikut hadir. Mereka datang dengan membawa anggota keluarganya masing-masing. “Saya datang aja sama keluarga. Apalagi hari libur besar, tanggal merah juga,” tutur Kusnadi.

Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin menuturkan bahwa pola pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek, tidak jauh berbeda dengan perayaan hari besar lainnya. Sebelum tamu-tamu berdatangan di dua vihara yang menjadi titik perayaan Imlek di Kota Serang, dilakukan sterilisasi oleh tim Gegana Brimobda Banten.

“Langkah sterilisasi dilakukan agar warga Tionghoa yang merayakan Imlek dapat beribadah dengan aman, nyaman dan lancar,” papar Kapolres Serang Kota disela-sela kunjungannya di Vihara Avalokistevara.

AKBP Komarudin juga menambahkan selain melibatkan personil Brimob, Polres dan Polsek pengamanan perayaan Imlek di dua vihara juga melibatkan unsur TNI.

“Jadi untuk pengamanan di Vihara Avalokistevara, kami menempatkan 63 personil. Pengamanan kita maksimalkan karena vihara ini lebih banyak dikunjungi warga dari luar kota,” sebut Kapolres.

Sedangkan berdasarkan hasil pantauan pada dua lokasi vihara, para pengunjung masih berdatangan dan melakukan ibadah hingga sore hari. Bahkan diperkirakan hingga malam nanti. ■ RED/ARIA/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here