Khusus Motor, KEMENHUB Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2018

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Pada musim Mudik Lebaran mendatang, para pemilik sepeda motor diminta jangan memaksakan diri menempuh perjalanan panjang penuh risiko. Oleh karenanya, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), membuka pendaftaran Mudik Gratis 2018.

Untuk program Mudik Gratis 2018, tersedia 1.130 bus dan 70 truk. Kesemua itu dengan kapasitas angkut kurang lebih 50.000 orang serta 3.200 unit motor. Diharapkan masyarakat luas memanfaatkan program ini.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, program Mudik Gratis 2018 diperluas. Tak hanya di Pulau Jawa saja. Tapi juga sampai keluar Pulau Jawa.

“Sedangkan untuk moda kapal penyeberangan meliputi tiga lintasan. Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Lampung. Masing-masing 1000 orang dan 500 unit motor,” kata Budi Setiyadi saat launching Mudik Gratis 2018.​Lain lagi untuk lokasi tujuan Mudik Gratis 2018 tanpa sepeda motor meliputi 32 kabupaten/kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Sumatera Barat.

Untuk mudik dengan sepeda motor meliputi sembilan kabupaten/kota yakni Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Purwokerto dan Kebumen.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program Mudik Gratis 2018, pemilik sepeda motor wajib memenuhi persyaratan membawa SIM, STNK, KTP dan KK asli. Motor pun tidak boleh yang sudah dimodifikasi atau aksesoris.

“Muda-mudahan program ini, bisa mengalihkan minat masyarakat yang menggunakan kendaraan sendiri. Sebab, jika perjalana jauh, bakal lebih membahayakan,” tegas Budi.

Pendaftaran juga bisa dilakukan  secara online di website mudikgratis.dephub.go.id atau ofline di Kantor Dephub Kota, Bogor, Depok, Tangerang dan Dishuh Kabupaten Bekasi. □  RED/RIO/ALDI/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here