Galang Persatuan Umat, DPP BAKOMUBIN Siap Gelar ‘Festival Mubaliq 2018’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Indonesia Dai Idol atau ‘Festival Mubaliq 2018′ tingkat nasional, siap digelar Dewan Pimpinan Pusat Badan Koordinasi Mubaliq Indonesia (DPP Bakomubin). Ajang tersebut bertujuan untuk menggalang persatuan umat dan sekaligus menyambut HUT Bakomubin pada 22 Juni mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPP Bakomubin, Prof Dr KH Deddy Ismatullah SH MH saat jumpa pers dengan sejumlah media massa Ibukota di Mesjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/4) kemarin.

Dikatakan bahwa melalui festival tersebut mengemban misi agar lebih menggairahkan dakwah bagi generasi muslim di Tanah Air. Bisa muncul dai muda yang arif dan bijaksana untuk persatuan bangsa. “Itu sekaligus untuk menjawab carut-marut negara dan bangsa. Makanya, kita perlu ada mubalig yang arif dan bijak,” ujar Deddy.​Ditambahkan dia bahwa persiapan yang dilakukan panitia sudah dimatangkan. Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan strategi untuk menyatukan umat dan mubalig muda melalui festival tersebut. Karenanya, DPP Bakomubin optimis mampu memberikan kontribusi terhadap bangsa. “Harus optimis, karena ini bukan hanya gerakan Bakomubin. Namun gerakan umat,” paparnya.

Ajang ‘Festival Mubaliq 2018′ tingkat nasional ini, siap digelar usai Hari Raya Idul Fitri dan akan diikuti 1.542 peserta. Mulai usia 15-25 tahun. Tersebar di 514 kebupaten/kota seluruh Indonesia serta dari 34 provinsi. Sedangkan masing-masing kabupaten/kota bakal mengirimkan tiga mubalig untuk diseleksi ke tingkat nasional.

Sementara itu Ketua Panitia ‘Festival Mubaliq 2018′ tingkat nasional, KH Ahmad Rizal Msc mengungkapkan misi dari ajang tersebut untuk sekaligus mensyiarkan Islam dan akan disiarkan disalahsatu televisi nasional. Pihak panitia pun sudah melakukan komunikasi dan akan didukung Pemerintah Daerah (Pemda), Kemensos, Kemenag dan MUI Pusat agar acaranya sukses.

Menurut dia lebih lanjut bahwa ditengah kepentingan tahun politik, Bakomubin harus melakukan sesuatu yang bermanfaat dan menyejukan bagi umat. “Kami sudah koordinasi dengan 14 provinsi yang dibagi dalam empat sektor. Mereka siap mensupport,” katanya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Syuro DPP Bakomubin KH Anwar Sanusi, mengatakan peran mubalig muda merupakan ujung tombak bangsa dan negara. Karenanya, ia berharap, Pemerintah pun harus memberikan dukungan terhadap program ini.

“Agar program ini berjalan lancar dan mencapai sasaran, jelas butuh dukungan semua pihak. Terlebih lagi dari Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait dan Pemda-pemda di seluruh Indonesia,” pungkas Sanusi. □ RED/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here