Doyan Bepergian, INI TIPS EFEKTIF untuk Atasi Rasa Mabuk Perjalanan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Bepergian untuk berlibur tentu saja hal yang amat menyenangkan bagi siapa saja. Bahkan banyak tujuan orang untuk traveling, baik demi menikmati pemandangan alam daerah maupun untuk sekadar bersenang-senang di Kota Metropolitan saja.

Apalagi di zaman atau era serba modern saat ini, Anda dapat memesan tiket murah untuk berbagai pilihan transportasi. Bisa naik pesawat udara, kereta api (KA) atau bus yang bisa diperoleh secara instan.

Hanya saja, belum tentu meski sudah dimudahkan meraih tiket murah dan cepat, Anda lantas bisa menikmati proses berpergian dengan transportasi udara, air maupun darat, jika kemudian harus menghadapi mabuk perjalanan.

Rata-rata, orang yang mengalami mabuk perjalanan, kerapkali mengeluh mual, pusing dan bahkan sampai muntah-muntah. Seringkali kebiasaan tersebut, kerap menjadi cemoohan atau setidaknya mengganggu orang lain, meskipun hal itu sebenarnya wajar saja.

Supaya perjalanan Anda tidak terganggu, melalui tulisan ini dirangkum 5 Tips Efektif untuk mengatasi rasa mabuk perjalanan. Yuk, simak saja dan coba ikuti, demi terhindar dari ancaman atau kemungkinan mengalami mabuk perjalanan.

Pertama, usahakan makan secukupnya sebelum bepergian. Jadi, sebelum menempuh perjalanan jauh, usahakan perut tidak dalam keadaan kosong (lapar-red). Makan secukupnya. Sebab, hal tersebut cukup efektif untuk menahan rasa mual akibat keadaan jalan bergelombang maupun pesawat mengalami naik turun ketinggian.

Baca Juga:  DBDKlim Bisa Diakses Masyarakat, ANIES Luncurkan Program Aplikasi Informasi DBD

Kedua, menyediakan atau bawalah aromaterapi atau minyak kayu putih. Jika merasa mual, Anda lebih baik menghirup aroma minyak angin kayuh putih atau aromaterapi. Hal itu dapat berpengaruh atau menimbulkan rasa tenang dan nyaman selama perjalanan. Selain itu, minyak kayu putih juga berguna untuk menahan rasa hawa dingin yang menyerang.

Ketiga, hindari membaca buku atau main atau menggunakan smartphone dalam kondisi lama. Membaca terlalu lama, saat berada di perjalanan, ternyata sering menimbulkan rasa pusing bagi yang belum terbiasa. Ada baiknya, Anda mendengarkan musik atau beristirahat yang cukup sebelum memulai liburan Anda.

Keempat, berbincang-bincang dengan teman seperjalanan. Itu jadi solusi, apabila Anda tidak bisa tidur dan tidak membawa perlengkapan untuk mengatasi rasa mabuk perjalanan? Sebaiknya Anda berbincang dengan teman terdekat di perjalanan. Selain mengalihkan rasa mabuk perjalanan, hal tersebut juga efektif untuk berbagi wawasan mengenai daerah yang dituju.

Kelima, melihat pemandangan luar. Tentu, bila keempat hal tersebut diatas, dirasakan tidak cukup untuk mengatasi rasa mabuk perjalanan. Sebaiknya, Anda melihat pemandangan dari luar jendela. Anda juga bisa menikmati perjalanan melintasi sawah, gunung maupun langit yang luas. Malah, nggak apa-apa jika sembari mendengarkan musik, Anda jadi bisa melihat dunia yang begitu luas. ■ RED/GOES

Beri Tanggapan