27.4 C
Jakarta
19 April 2024 - 11:51
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Periode 2018-2020, BPK Kembali Ditunjuk Sebagai Independent External Auditor IACA

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Thomas Gatot Hendarto, terpilih sebagai anggota dari Independent External Auditor of the International Anti Corruption Academy (IACA). Dengan demikian penunjukan tersebut artinya BPK kembali menerima mandat sebagai auditor independen tingkat dunia.

Berdasarkan keputusan IACA’s Board of Governors tanggal 7 Maret 2018, BPK akan melakukan pemeriksaan selama 3 periode atas Laporan Keuangan IACA tahun buku 2018-2020. IACA atau Akademi Anti Korupsi International adalah organisasi internasional yang berbasis di Luxemburg, Austria yang didirikan oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), INTERPOL, European Anti-Fraud Office (OLAF), dan Negara Austria pada 8 Maret 2011.

Akademi ini didedikasikan untuk peningkatan pengetahuan dan kemampuan praktik di bidang anti korupsi dan pemberdayaan para profesional untuk menghadapi tantangan di masa depan. “Akademi ini menawarkan pelatihan yang terstandardisasi, program gelar akademik, serta kegiatan benchmarking untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang anti-korupsi,” kata petugas Humas BPK RI di Jakarta, Kamis (17/5).

Penunjukan Thomas Gatot Hendarto sebagai bagian dari tim Independent External Auditor IACA merupakan penunjukan kedua bagi BPK. Di mana sebelumya auditor BPK, Amri Lewa telah menjalankan pemeriksaan atas Laporan Keuangan IACA tahun buku 2015 – 2016. IACA telah memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Amri Lewa sebagai auditor dan atas kecakapannya sebagai juru bicara Independent External Auditor IACA.

Penunjukan kembali BPK ini makin meningkatkan peran dan keberlangsungan keterwakilan Indonesia di organisasi-organisasi internasional. Pihak Humas BPK mengharapkan BPK dapat mendorong makin terwujudnya transparansi dan akuntabilitas di berbagai organisasi internasional di masa yang akan datang. ■ Red/JOKO

Related posts

Arahan dari Presiden Jokowi Tekan Dibawah 14 Persen, PEMPROV DKI Serius Atasi Stunting di Jakarta

Redaksi Posberitakota

Kepengurusan Sudah Berakhir, BAMUS BETAWI Gelar Mubes 22 Juli 2018

Redaksi Posberitakota

Duet Harmonis, KAPOLSEK & DANRAMIL CENGKARENG ‘Ngabuburit Keliling Kampung’

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang