Dipasangi 25 CCTV, TERMINAL KALIDERES Dijaga 100 Petugas Gabungan Layani Pemudik

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Guna meningkatkan pelayanan arus mudik Lebaran, area Terminal Bus Kalideres diperbanyak kamera CCTV dan petugas jaga. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan warga yang hendak berlebaran ke kampung halamannya.

Kasatpel Terminal Bus AKAP Kalideres, Revi Zulkarnain, mengatakan di area terminal kini telah terpasang sedikitnya 25 titik kamera CCTV. “Tujuannya untuk memantau keamanan, memonitor keberadaan calon penumpang, mengawasi oknum petugas ataupun pegawai Perusahaan Otobus (PO) yang nakal dan sebagainya,” ujar Revi di Terminal Bus AKAP Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (3/6).

Menurut dia lagi puluhan kamera tersebut dipasang di banyak tempat, seperti pada pintu masuk dan keluar terminal, ruang tunggu, loket, toilet, tempat pemberangkatan dan penurunan penumpang. Termasuk tempat nongkrong para awak bus, posko pelayanan arus mudik serta lainnya.

“Semua kamera itu dipantau melalui pusat komando dan pengendalian. Kalau ada sesuatu yang mencurigakan atau penumpukan calon penumpang, diupayak agar dapat cepat diantisipasi,” jelas Revi.

Baca Juga:  Gelar Bukber, DOKTER DIAN Beri Santunan ke 600 Yatim dan Dhuafa

Selain kamera pemantau, lanjut Revi, pihaknya juga menyiagakan 100 petugas gabungan, termasuk unsur Polri dan TNI untuk mengamankan areal dalam maupun luar terminal selama arus mudik. Ada juga posko kesehatan yang memberikan pelayanan gratis kepada penumpang, termasuk memeriksa kesehatan para sopir untuk memastikan layak jalan.

“Para sopir juga diwajibkan menjalani tes urine. Jika terbukti sedang mabuk minuman keras, apalagi Narkoba, maka langsung ditangani petugas berwenang,” janji Revi.

Hingga hari ini, jumlah penumpang menuju daerah masih relatif stabil, karena belum terlihat adanya kenaikan yang signifikan. Diperkirakan pada H-7 Lebaran, jumlah penumpang akan melonjak tinggi hingga H-2. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan ratusan bus cadangan. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan