Gedung JIEXPO Terbakar, PENGUNJUNG JAKARTA Fair Kemayoran Panik

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Salah satu gedung milik PT Jiexpo terbakar sehingga membuat aktivitas pameran Jakarta Fair Kemayoran (JFK) terganggu. Sejumlah pengunjung maupun mereka yang mau masuk ke lokasi tampak panik dan terpaksa balik kanan demi keamanan.

“Ngeri deh, apinya besar sekali di bagian atas. Takutnya ada sabotase atau apa, lebih baik kami pulang saja,” ujar Ny Mariani di Jalan Raya Industri, Kemayoran, Jakpus, Selasa (5/6).

Tampak salah satu gedung di lantai tujuh sedang terbakar dan mengepulkan asap tebal sehingga membuat kawasan Kemayoran sore itu seperti berkabut. Banyak kendaraan berusaha keluar dari kawasan PT Jiexpo sehingga terjadi kemacetan parah.

Kebakaran yang terjadi di gedung bagian atas membuat pengunjung JFK juga sempat panik karena terlihat ada empat orang yang terjebak di lantai tujuh tersebut. Mereka berteriak agar petugas Pemadam Kebakaran yang sudah tiba di lokasi memberikan bantuan. “Tolong, Bapak naik ke atas. mereka harus segera dievakuasi,” teriak pengunjung.

Kebakaran tersebut terjadi mulai sekitar pukul 17.05 WIB saat pengunjung mulai berdatangan dari berbagai penjuru pintu JFK. Tak lama kemudian puluhan mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Petugas langsung berupaya memadamkan api tersebut dan satu setengah jam kemudian di jago merah berhasil dijinakkan.

Petugas Pemadam Kebakaran memastikan penanganan kebakaran Gedung Pusat Niaga Arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah selesai. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Kasi Ops Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Syarifudin, setelah api padam. Kemudian ia menjelaskan sebelumnya memang sempat ada 4 orang yang terjebak kebakaran, namun seluruhnya sudah berhasil dievakuasi petugas.

Baca Juga:  Ketua DPRD Prihatin, DKI Belum Punya Arena Panjat Tebing Taraf Internasional

“Evakuasinya kita melalui tangga dalam. Kita naik lewat tangga lalu mereka diarahkan turun karena mereka nggak tahu jalur lantaran gelap. Jadi semuanya sudah bisa kita amankan semua,” jelas Syarifudin.

Menurut Syarifudin kondisi seluruh korban yang terjebak sehat saat dievakuasi. Tidak ada yang pingsan atau mengalami cedera. Begitu pula dengan tim pemadam kebakaran yang diterjunkan.

Syarifudin mengatakan ada 24 unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi. Seluruhnya kini sudah kembali ke pangkalan masing-masing. Api berhasil dipadamkan pukul 18.25 WIB.

“Sudah aman. Sudah selesai. Sedangkan penyebab kebakaran, langsung ditangani Polres Metro Jakpus guna proses penyelidikan,” ujarnya.

Marketing Director PT JIExpo, Ralph Scheuneman menyatakan gedung yang menjadi lokasi insiden kebakaran tersebut merupakan gedung convention yang masih dalam tahap akhir pembangunan. Gedung ini sama sekali tidak berkaitan dengan lokasi pameran Jakarta Fair Kemayoran.

Untuk itu area Jakarta Fair Kemayoran dipastikan tetap aman dan aktivitas kegiatan pameran pun kembali dilangsungkan, begitu juga untuk hari keesokan dan seterusnya hingga saat penutupan pada 1 Juli 2018 mendatang.

“Ya, intinya yang terbakar itu bukanlah area pameran Jakarta Fair Kemayoran. Namun gedung convention yang memang bersebelahan dengan Gedung Pusat Niaga JIExpo. Area pameran tetap aman bagi pengunjung. Untuk saat ini keadaan sudah teratasi dan api juga sudah berhasil dijinakkan oleh tim pemadam kebakaran,” tutur Ralph. □ RED/JOKO

Beri Tanggapan