Terkait HUT ke-491 Jakarta, TIJA Gratiskan Pengunjung Masuk Ancol

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambut baik inisiatif manajemen Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) berbagi kebahagiaan kepada warga. Dalam rangka merayakan HUT ke-491 Kota Jakarta yang jatuh pada hari Jumat tanggal 22 Juni, maka khusus pada hari itu pula, para pengunjung digratiskan dari biaya tiket masuk pintu utama.

Sandiaga menyatakan bahwa tiket masuk gratis itu hanya berlaku pada hari Jumat besok mulai jam 06.00 sampai 18.00 WIB. “Program ini merupakan bentuk komitmen dari manajemen Ancol mendukung upaya Pemprov DKI menyenangkan warganya,” ujar Sandi di Jakarta, Rabu (20/6).

Menurutnya program gratis hanya berlaku untuk tiket masuk saja sebesar Rp 25 ribu/orang. Sedangkan untuk biaya masuk kendaraan sebesar Rp 15 ribu/motor atau Rp 25 ribu/mobil tidak digratiskan.

Sebelumnya, pada 14 Juni 2018 lalu Wagub Sandiaga juga telah meresmikan kawasan Pasar Seni sebagai Kampung Budaya Betawi. Melalui wahana tersebut, pengunjung dapat bernostalgia nuansa Betawi tempo dulu dan tentunya dapat membeli oleh-oleh khas Jakarta, baik itu kuliner maupun cenderamata di gerai OK OCE Smart.

Ada pula galeri yang memamerkan sejarah nama-nama kelurahan dan kecamatan yang berada di penjuru Ibukota yang dikemas dalam wall of frame galeri North Art Space Pasar Seni.

Baca Juga:  Buntut Kebakaran Bus Transjakarta, DEWAN Desak Dishub Periksa KIR Seluruh Armada

Pengunjung juga dapat menikmati sejumlah acara di Kampung Betawi. Antara lain Lenong Betawi, Gambang Kromong, Palang Pintu Betawi yang fenomenal, sejumlah dekorasi rumah Betawi serta ondel-ondel yang dapat didokumentasikan. Selain itu, ada pula galeri foto dengan dekorasi dan busana khas Betawi yang cocok untuk swafoto bersama keluarga maupun kerabat.

Dirut Taman Impian Jaya Ancol, Paul Tehusijarana, menambahkan dalam rangka memeriahkan HUT ke-491 di Ancol juga dimeriahkan dengan acara talk show sejarah Betawi pada 22 Juni 2018, yang dilanjutkan Explore Ondel-Ondel dengan menampilkan parade yang diikuti lebih dari 100 orang, terdiri dari 50 ondel-ondel, musik tanjidor, Abang None yang menaiki delman, pengantin Betawi, penari Betawi, dan pencak silat.

Parade ditutup dengan aneka lomba antar ondel-ondel, seperti sepak bola ondel-ondel dan ondel-ondel memindahkan bola, serta flash mob tarian Betawi pada 23 Juni 2018. Rangkaian acara dilanjutkan dengan tribute Benyamin Sueb oleh grup band Biang Kerok di panggung terapung (floating stage), Pantai Lagoon Ancol.

“Kami berharap masyarakat Jakarta dan pengunjung dapat menikmati seluruh rangkaian acara yang diberikan dan menambah rasa cinta terhadap budaya asli Jakarta”, tandas Paul.RED/JOKO

Beri Tanggapan