Bikin Kejutan, KROASIA Bungkam Argentina untuk Melenggang ke-16 Besar

NIZHNY NOVGOROD (POSBERITAKOTA) ■ Kejutan besar, Kroasia membungkam Argentina 3-0 pada laga kedua Grup D Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia, Jumat (22/6) pagi WIB. Hasil ini membuat Kroasia memastikan diri ke babak 16 besar.

Di paruh pertama keadaan sama kuat 0-0. Namun, Kroasia akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat sepakan voli kaki kanan Ante Rebic di menit 53. Gol tersebut tercipta menyusul kesalahan kiper Argentina, Wilfredo Caballero dalam membuang bola.

Usai kebobolan satu gol, pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, menggantikan Sergio Aguero dengan Gonzalo Higuain dengan harapan menambah daya gedor timnya. Selanjutnya, giliran Paulo Dybala masuk ke lapangan menggantikan Enzo Perez di menit 68.

Di menit 80, gelandang Real Madrid, Luka Modric memperbesar keunggulan Kroasia. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tidak mampu dijangkau Caballero.

Ivan Rakitic nyaris mengubah skor 3-0 empat menit jelang waktu normal berakhir. Sayangnya, tendangan bebas pemain FC Barcelona itu masih membentur mistar gawang Caballero.

Gagal menyumbangkan gol lewat tendangan bebas, akhirnya Rakitic tetap mencatatkan namanya di papan skor. Rekan setim striker Argentina, Lionel Messi, di Barcelona itu mengoyak jala gawang Caballero di menit pertama masa injury time dari empat menit yang diberikan.

Membawa bola hingga ke depan kotak penalti, Rakitic mencoba untuk melakukan tendangan. Namun, bola masih bisa diblok Caballero ke arah kanan, yang ternyata di sana telah menanti Mateo Kovacic.

Lolos dari jebakan offside, Kovacic memberikan umpan ke Rakitic yang berada di depan mulut gawang Argentina tanpa kawalan. Tanpa kesulitan, Rakitic mengirim bola ke dalam gawang La Albiceleste.

Gol ketiga dari Rakitic itu membuat tangisan pendukung Argentina di tribun penonton semakin tak terbendung. Raut sedih tampak jelas di wajah mereka, tak terkecuali ofisial, pemain dan pelatih Argentina. Mereka semua tampak tak percaya Argentina tunduk 0-3 di pertandingan kedua.

Kekalahan ini tentunya membuat langkah Argentina untuk lolos ke fase berikutnya semakin berat. Dua pesaing lainnya, Islandia dan Nigeria baru akan memainkan pertandingan kedua pada Jumat malam.

Sementara di papan klasemen, Kroasia berada di pucuk klasemen dengan enam poin, diikuti Islandia dan Argentina, yang sama-sama mengantongi poin satu. Posisi buncit dihuni Nigeria, tim dari Benua Afrika. ■ RED/AYID

Related posts

Marquez & Bagnaia Ikut Naik Podium, JORGE MARTIN Seng Ada Lawan di Ajang Balapan MotoGP Perancis 2024

Supaya Bisa Lolos ke Olimpiade Paris 2024, TIMNAS INDONESIA Harus Jalani Babak Playoff & Menang Lawan Guinea

Ke Tim Bola Voli ‘Red Sparks’ Asal Korsel, BANK DKI Perkenalkan Solusi Layanan Wisata dengan Mengunjungi TMII