Ungguli Swedia 1-2, COMEBACK JERMAN Buka Peluang ke 16 Besar

SOCHI (POSBERITAKOTA) ■ Jerman berhasil melakukan comeback saat bertemu Swedia pada pertandingan kedua Grup F Piala Dunia 2018. Setelah tertinggal 0-1 di babak pertama, Der Panzer bangkit dan balik unggul 2-1 hingga membuka kans lolos ke babak 16 Besar.

Di Fish Stadium, Socchi, Rusia, sejak awal laga pasukan pelatih Joachim Loew mencoba menekan Swedia. Meski mendapatkan peluang, namun gol yang diharapkan tak kunjung tiba.

Memang, kondisinya jelas berbeda dengan Swedia. Tertekan terus Swedia malah bisa mencuri gol di menit 32 akibat longgarnya pertahanan Jerman. Ola Toivonen bisa memperdaya Manuel Neur dengan bola lob usai menerima umpan silang Viktor Claesson.

Usai ketinggalan satu gol, Jerman terus mengurung pertahanan Swedia. Namun, sial bagi mereka beberapa kesempatan menyamakan kedudukan semuanya terbuang percuma.

Pada babak kedua, masuknya Mario Gomez yang menggantikan Julian Draxler membuahkan hasil positif. Hanya tiga menit babak kedua dimulai, Gomez berhasil memberikan umpan manis ke kotak penalti Swedia. Saat itu Marco Reus datang menyambut. Bola sepakan yang mengenai lutut Reus tak bisa dihalau kiper Swedia, Robin Olsen.

Jerman semakin meningkatkan serangan dalam kedudukan imbang. Jerman membuat pemain Swedia dipaksa bertahan. Duet Thomas Mueller dan Gomez benar-benar membuat barisan pertahanan Swedia harus bekerja keras.

Sampai menit 80 usaha Jerman menggandakan kedudukan tak berhasil dilakukan. Sial bagi Jerman, di tengah upaya memenangkan pertandingan, Jerome Boateng harus diganjar kartu merah karena melanggar Marcus Berg.

Di menit 88, Jerman sempat menahan napas setelah Gomez mendapatkan kesempatan. Sayang, tandukannya bisa ditepis Olsen. Jelang bubaran Julian Brandt yang membuat pendukung Jerman bersorak. Sayang, tendangannya masih membentur mistar.

Gol kemenangan akhirnya datang juga lewat Toni Kroos. Melalui tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Swedia, pemain Real Madrid itu membuat gol indah dengan tendangan melengkung tanpa bisa diantisipasi Olsen.

Jerman mendulang nilai tiga atau sama dengan Swedia. Kedua tim sama-sama berpeluang. Bahkan, Meksiko yang sebelumnya sudah aman ke babak 16 Besar kini terancam. Tiket babak 16 Besar akan diperebutkan Meksiko, Jerman, dan Swedia.

Jerman yang akan bertemu dengan Korsel lebih diuntungkan. Kini, yang harus berjuang keras adalah Meksiko dan Swedia. Siapa pun yang kalah dalam pertandingan terakhir pada 27 Juni nanti berarti tersingkir. ■ RED/AYID

Related posts

Segera Diumumkan Bulan Depan, KYLIAN MBAPPE Resmi Sudah Gabung Real Madrid

Marquez & Bagnaia Ikut Naik Podium, JORGE MARTIN Seng Ada Lawan di Ajang Balapan MotoGP Perancis 2024

Supaya Bisa Lolos ke Olimpiade Paris 2024, TIMNAS INDONESIA Harus Jalani Babak Playoff & Menang Lawan Guinea