Kuras Keringat, KOLOMBIA LOLOS Tantang Inggris di Babak 16 Besar

SAMARA (POSBERITAKOTA) ■ Terjadi drama dalam laga penutup Grup H Piala Dunia 2018. Saat Kolombia bertemu Senegal di Samara Arena, Kamis (28/6) malam WIB. La Tricolor, julukan Kolombia, akhirnya memastikan tempat ke babak 16 besar setelah menekuk lawannya dengan skor tipis 1-0.

Duel hidup mati di laga penutup Grup H bisa dikatakan sangat menguras keringat. Betapa tidak, Senegal maupun Kolombia harus memenangkan laga ini jika ingin tetap berada di turnamen sepakbola empat tahunan ini.

Kolombia yang sempat mendominasi permainan di babak pertama kurang greget dalam melepaskan tendangan spekulasi ke gawang Senegal. Statistik menyebut jika mereka hanya sekali mengancam gawang lawan.

Kolombia sempat kehilangan irama permainan setelah top skorer Piala Dunia 2014, James Rodriguez, ditarik keluar lapangan dan digantikan Luis Muriel lantaran mengalami cedera. Sebaliknya, Senegal yang bermain aman mencoba untuk main solid di lini pertahanan.

Interval pertama pun berakhir imbang tanpa gol. Di babak kedua, belum ada perubahan yang terjadi. Namun, petaka akhirnya datang di menit 74. Adalah Yerry Mina yang sukses membuka kran gol Kolombia.

Memanfaatkan sepak pojok Juan Quintero, Mina berhasil menanduk bola yang membuat kiper Senegal, Khadim N’Diaye, memungut bola dari gawangnya. Gol pembuka ini membuat pertandingan semakin seru.

Baca Juga:  Disebut-sebut Bakal Dilego Madrid, BENZEMA Bilang 'Emang Gue Pikirin'

Senegal yang posisinya terancam mencoba untuk meruntuhkan pertahanan Kolombia. Namun, berkat kehebatan David Ospina dalam menjaga gawangnya, setiap peluang pun gagal dijadikan gol.

Kedua kesebelasan saling jual beli serangan di sisa waktu pertandingan. Namun, hingga 90 menit pertandingan usai tak ada gol tambahan tercipta.

Kolombia pun berhak atas tiket babak 16 besar setelah mengumpulkan poin enam dan tim besutan Jose Pekerman berada di puncak Grup H. Sementara Senegal tak berhasil menjadi wakil satu-satunya Afrika yang lolos ke babak sistem gugur setelah turun peringkat ke urutan ketiga dengan raihan empat angka.

Urutan dua ditempati Jepang dengan poin empat. Jepang dan Senegal memang memiliki poin yang sama, termasuk juga jumlah memasukkan dan kemasukkan golnya. Namun, Jepang yang berhak lolos karena memiliki jumlah kartu kuning empat, sedangkan Senegal mengantongi enam kartu kuning.Dan, Polandia di nomor buncit dengan poin tiga.

Di 16 besar, Kolombia bakal menantang runner up Grup F, Inggris. Sedangkan Jepang akan bertemu juara Grup F, Belgia. □ RED/AYID)

Beri Tanggapan