Terkumpul Rp 463 Juta, BAZNAS & GO-TIX Galang Donasi untuk Lombok

JAKARTA (POSBEROTAKOTA) ■ Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengumumkan pengumpulan donasi hasil kerja sama dengan aplikasi ticketing Go-Tix untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Perolehan dana amal yang berasal dari pengguna Go-Jek melalui aplikasi tersebut mencapai Rp 463. 735. 800.

Dana tersebut secara simbolis diserahkan kepada Baznas untuk selanjutnya disalurkan sebagai bantuan bagi korban gempa di Lombok. “Baznas akan fokus pada pembangunan hunian sementara (Huntara) di tiga kecamatan Kabupaten Lombok Utara,” kata Kepala Divisi Pendistribusian Zakat Nasional Baznas, Achmad Fikri, pada acara penyerahan donasi di kantor Baznas kawasan Menteng, Jakpus, Sabtu (15/9).

Huntara ini menjadi prioritas Baznas yang akan dikerjakan marathon, mengingat puluhan ribu warga korban gempa masih tinggal di pengungsian. “Dalam beberapa minggu ke depan, musim hujan akan tiba di wilayah Lombok. Masih banyak warga yang tinggal dipengungsian dalam kondisi memprihatinkan. Mereka sangat membutuhkan hunian yang layak,” kata Achmad Fikri.

Melalui kerjasama dengan Go-Jek ini ditargetkan memperoleh donasi dari masyarakat sebanyak-banyaknya. “Target kita bangun 200 unit Huntara di tiga kecamatan di Lombok Utara, wilayah yang paling parah terkena dampak gempa,” kata Ahmad Fikri.

Sedangkan donasi secara simbolis diserahkan VP Go-Tix, Ario Adimas kepada anggota Baznas, Emmy Hamidiyah. Seperti diketahui, Lombok, Nusa Tenggara Barat dilanda gempa bumi yang cukup dahsyat sehingga melumpuhkan aktivitas masyarakat sekitar.

Baznas memiliki misi untuk membantu masyarakat sekitar dengan kampanyenya membangun kembali Lombok. Dalam kampanye ini, Baznas menggandeng berbagai lembaga termasuk di dalamnya Go-Tix salah satu layanan dari aplikasi Go-Jek.

Ario Adimas menambahkan sejak dibuka mulai 8 Agustus hingga 28 Agustus lalu, donasi yang diberikan oleh pengguna Go-Jek kepada Baznas dengan memanfaatkan layanan Go-Tix tercatat sebesar Rp 463.735.800. Pihaknya akan terus melanjutkan pengumpulan dana guna membantu masyarakat Lombok.

“Melalui program ini, para pengguna Go-Jek yang ingin membantu korban gempa di Lombok, bisa berdonasi kepada Baznas dengan memanfaatkan layanan Go-Tix. Para pengguna bisa berdonasi mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 100.000 berlaku kelipatan,” paparnya.

Anggota Baznas Emmy Hamidiyah mengapresiasi kerja sama Baznas dengan Go-Tix dalam memudahkan masyarakat berdonasi. “Kami sangat mengapresiasi niat baik dari Go-Tix untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi, khususnya bagi saudara kita yang terkena musibah gempa di Lombok, NTB. Dan, ini sejalan juga dengan misi Baznas untuk membangun kembali Lombok. Kemudahan yang diberikan Go-Tix juga salah satu upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”pungkas Emmy. □ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here