Lama Tak Bertemu, DEKRANASDA JAKPUS Segera Data Perajin untuk Pembinaan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Seluruh perajin yang tergabung sebagai anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Pusat akan segera didata. Pendataan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terakhir para perajin aneka produk tingkat home industry yang selanjutnya akan terus dibina supaya usahanya lebih maju.

Hal itu dikatakan Ketua Dekranasda Jakarta Pusat, Cinthya Ayuningrum. “Pendataan ini perlu dilakukan untuk pemetaan selanjutnya. Sebab, sejak beberapa bulan saya dilantik dan memimpin organisasi ini, belum sempat bertemu dengan seluruh binaan yang jumlahnya mencapai puluhan perajin,” ujarnya di kantor Walikota Jakpus, Kamis (20/9).

Tujuan dari pendataan ulang, sebut Cinthya, untuk mengetahui apakah mereka masih aktif atau sebaliknya. Selanjutnya bakal dilakukan kurasi untuk standarisasi produk.

Menurutnya bahwa pendataan ulang ini juga untuk menjalin silaturahmi sekaligus mengenalkan kepengurusan baru Dekranasda Jakarta Pusat. “Silaturahmi pembina dan perajin ini perlu dilakukan. Apalagi kita sebentar lagi akan menggelar program gebyar produk memamerkan produk unggulan mereka agar lebih dikenal di jaringan marketing. Rencananya pameran akan digelar di halaman kantor walikota,” tandas Cinthya yang merupakan istri Walikota Jakpus Bayu Megananda.

Salah satu penggiat kerajinan, Safitri menyambut baik rencana Dekranasda akan mendata sekaligus mengumpulkan mereka. “Sudah lama banget, kami belum sempat berkumpul. Kami ingin kangen-kangenan di lokasi pameran sambil berjualan produk,” ujar perajin asal Kemayoran yang menekuni produk seni dari bahan daur ulang. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here