Di Donggala & Palu, GEMPA 7,4 SR Picu Gelombang Tsunami 1,5 Meter

DONGGALA (POSBERITAKOTA) ■ Ujian besar kembali menimpa wilayah Indonesia, setelah wilayah Pulau Lombok porak poranda dihantam gempa dahsyat. Lagi, kejadian serupa menimpa pada Jumat (28/9) sekitar pukul 17.02 WIB, gempa berkekuatan 7,4 SR (Skala Richter) di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Sedangkan pusat gempa dahsyat tersebut, berada di kedalaman 10 KM dibawah permukaan laut atau tepatnya di lokasi 68 Km Barat Laut. Tak ayal akibat gempa dengan kekuatan 7,4 SR, kemudian menimbulkan gelombang Tsunami di pesisir pantai Donggala dengan ketingian air 1,5 meter.

Pemandangan terjangan Tsunami menyapu kawasan pemukiman penduduk yang berada di pesisir pantai. Bahkan, disebutkan bahwa getaran gempa dirasakan sampai ke wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

POSBERITAKOTA.COM memantau sejumlah video yang beredar di sosial media (Sosmed) nampak terlihat kerusakan rumah dan bangunan cukup parah. Termasuk yang berada di pesisir pantai di wilayah mengguncang wilayah Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Sampai berita diturunkan, BMKG sempat mengeluarkan peringatan keras, agar warga masyarakat Donggala dan Palu tetap waspada. Sebab, gempa susulan punya kemungkinan terjadi. Termasuk ancaman gelombang Tsunami. Meski satu jam kemudian, peringatan tersebut dicabut.

Banyak warga masyarakat meninggalkan rumah dan harus kumpul di tengah lapangan terbuka. Namun tidak sedikit yang mengalami luka-luka serius dan kesulitan mendapatkan makanan. Karena itu, bantuan tim medis dan bentuk makanan serta minuman, sangat dibutuhkan masyarakat setempat. ■ RED/DBS/AYID/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here