Ditujukan Buat Jemaah, MASJID AL-FURQAN Sediakan ‘Nasi Berkah Jumat’

BEKASI (POSBERITAKOTA) ■ Lain daripada yang lain. Begitulah barangkali acara yang diselenggarakan pengurus Masjid Al-Furqan, di Perumahan Grand Galaxi City, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan setiap Jumatnya menyediakan makan siang untuk jemaahnya.

Sedikitnya 100 hingga 150 porsi makan siang disediakan untuk jemaah. Hal ini tentunya membuat antusias jemaah yang rela antre untuk menyantap hidangan tersebut usai melaksanakan sholat Jumat, karena memang di sekitar Bekasi Selatan ini tampaknya baru masjid ini yang menyelenggarakan acara tersebut.

Menurut Ketua Yayasan Masjid Al-Furqan, H Johny Tjahyana, acara yang bertemakan ‘Nasi Berkah Jum’at’ ini diselenggarakan diperuntukan bagi jemaah dari luar komplek seperti pengojek online, pedagang minuman keliling, pedang sayur dan ada juga pegawai.

“Ya, tentunya banyak juga diantarnya yang belum sempat makan siang. Nah, pastinya mereka perlu makan siang,” ucapnya sambil menyebutkan hal ini baru bisa dilaksanakan sejak Jum’at akhir Agustus 2018.

Kepada POSBERITAKOTA.COM, usai acara tersebut, Jumat (12/10), Johny mengucapkan rasa syukurnya karena acara tersebut sudah bisa berjalan lancar. “Alhamdulilah, kami bisa menyediakan makan siang untuk sekitar 100 – 150 jemaah. Sedang untuk dananya diambil dari kas masjid sebesar Rp 700 ribu. Namun demikian juga sudah ada beberapa kali yang berasal dari jamaah yang memberi donasi atau tambahan dana. Meski tidak besar, namun bisa untuk menambah porsinya,” katanya.

Baca Juga:  Sebanyak 26 Personil, POLRES METRO Jakbar dan DANDIM 0503/JB Ikut Lomba Adzan

Menurutnya dengan diselenggarakan cara ini, selain untuk memotivasi para jamaah, juga demi memberi semangat menunaikan sholat di masjid. Selain itu sebagai sarana penyaluran donasi para jamaah dan donatur agar lebih bermanfaat.

Memang awalnya tradisi memberi makan hanya pada bulan Ramadhan, saat buka puasa saja. Tapi akhir-akhir ini karena banyak jamaah Jumat yang berasal dari kalangan musafir, maka takmir menyediakan makan siang.

“Kami berharap tradisi ini dijadikan ajang silaturahim antarjamaah. Selain itu, bagi jamaah yang berkecukupan memberi makan adalah memberi peluang bagi mereka berkhitmad dan beramal,” katanya.

Nah, tentunya, tambah Johny, kita hanya bisa memanjatkan doa semoga niat baik pengurus & jamaah mendapat Ridho Allah SWT. “Begitu juga kami sangat berterima kasih kepada jamaah yang telah memberikan donasinya. Pengurus yang telah membantu program ini. Semoga program ini bisa berjalan terus menerus. Aamiin YRA,” pungkasnya ■ RED/BUDHI W

Beri Tanggapan