27.4 C
Jakarta
25 April 2024 - 00:57
PosBeritaKota.com
Nasional

Ketersediaan Tenaga Kerja, HANIF DHAKIRI Sebut Harus Dibarengi Kualitas SDM

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pemerintah diwajibkan memberikan kepastian ketersediaan tenaga kerja berkualitas. Hal tersebut dengan cara memaksimalkan informasi pasar tenaga kerja, standar kompetensi kerja, sertifikasi dan akreditasi.

Demikian dikatakan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri melalui keterangan tertulisnya yang disampaikan kepada sejumlah media cetak dan online di Jakarta, Sabtu (13/10) kemarin.

Ditambahkan dia pada dasarnya bahwa ketersediaan tenaga kerja juga harus selaras dengan kebutuhan pasar kerja itu sendiri. Termasuk bakal dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi serta sektor prioritas yang diputuskan oleh Pemerintah.

Selama ini, kata pria kelahiran Semarang, jumlah pekerja dengan ketrampilan menengah dan tinggi sekitar 3 persen dalam kurun waktu 4 tahun belakangan. Sedangkan pada saat yang sama, justru tingkat pengangguran mencapai 5,13 persen.

“Jadi, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), sangat dibutuhkan. Terutama untuk menarik lebih banyak investasi serta bisa memperkuat daya saing produk lokal,” tegasnya.

Karena itu, menurut Menaker yang juga Caleg DPR RI asal PKB tersebut, Pemerintah menggerakan semua institusi akademik (universitas-red). Termasuk juga lembaga pendidikan semacam SMK. “Politeknik dan lembaga pelatihan kejuruan semacam BLK dan LPK, harus ikut berperan dalam meningkatkan kualitas SDM,” pungkas Hanif lagi. ■ RED/RIO/AYID

Related posts

Riwayatmu Kini, JEMBATAN KUNING Sukabumi Ada Pesan Sejarah yang Terlupakan

Redaksi Posberitakota

Saat Libur Tahun Baru 2024, KEMENKES RI Pastikan Ketersediaan Layanan Kesehatan di Jalur Wisata

Redaksi Posberitakota

Berlaku Sampai 25 Nopember, KAWASAN BODEBEK Perpanjang PSBB Proforsional Sesuai Tingkat Kewaspadaan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang