26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 06:55
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Gaet Warung & Kios Kecil, BAZNAS-BRILink Beri Kemudahan Masyarakat Berzakat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggandeng BRILink dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) membuka layanan zakat di warung dan kios kecil. Program layanan ini diluncurkan di warung Z-Mart milik Sugiono yang berlokasi di gang kecil kawasan Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur,Senin (5/11).

Launching program dilakukan oleh Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta dan Kepala Meja Jaringan BRILink, Agus Suprapto serta disaksikan pemilik kios dan masyarakat. “Layanan zakat di warung dan kios merupakan bagian dari zakat inklusi, yaitu gerakan menegakkan syariat zakat di setiap jengkal tanah di Indonesia dan menjadikan zakat sebagai bagian dari kehidupan,” ujar Arifin.

Ia menambahkan Baznas terus berupaya memudahkan masyarakat untuk berzakat melalui berbagai kerja sama dengan pihak manapun yang intinya berhubungan dengan banyak orang. Baznas juga mendorong masyarakat menjadi lebih bersemangat dalam menunaikan zakat karena fasilitasnya semakin banyak dan mudah.

“Dengan konsep zakat inklusi, zakat bukan hanya dapat diusahakan di bank-bank, di warung-warung kecil dan ke depan dapat diakses oleh tukang ojek, tukang sate dan berbagai bagian kehidupan masyarakat. Tidak ada aktivitas masyarakat yang tidak tersentuh zakat,” katanya.

Arifin juga mengimbau seluruh BRILink di seluruh Indonesia untuk menjadi agen-agen kampanye kemudahan dan kemuliaan zakat, infak, dan sedekah. “Setiap orang desa dan kota, terus bergaung ajakan berzakat,” tandasnya.

Kepala Meja Jaringan BRILink, Agus Suprapto mengatakan BRIlink adalah kepanjangan tangan Bank BRI untuk melayani masyarakat dalam melakukan transaksi sebagai perwujudan Lakupandai (Layanan Keuangan Digital).

“BRI ingin ikut serta dalam penghimpunan dan pendistribusian zakat nasional, seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011. Aturan tersebut mengamanahkan sikap zakat nasional kepada Baznas,” katanya.

Layanan BRILink tersedia di lebih dari 318 ribu agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedang pembayaran zakat, infak, sedekah, dan kurban dilakukan melalui aplikasi mobile agen dan mesin Electronic Data Capture (EDC) BRILink dan disalurkan melalui Baznas. ■ RED/JOKO

Related posts

Soal Perubahan Iklim Jakarta, GUBERNUR ANIES Bahas Bersama Direktur C40 Mark Watts

Redaksi Posberitakota

Lokasi Dibangun Skybride Tanah Abang, RATUSAN PKL Jatibaru Dilarang Jualan

Redaksi Posberitakota

Masih Soal Pencabutan KJMU, IMM DKI Jakarta Ingatkan Masyarakat Agar Jangan Gampang Terprovokasi Isu Liar

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang