HAJATAN BETAWI UIA 2018 DEMI WUJUDKAN KEMASLAHATAN BAGI WARGA JAKARTA

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Demi mewujudkan kemaslahatan bagi warga Jakarta, begitulah ensensi dari diadakannya ajang ‘Hajatan Betawi UIA 2018′, bertempat di Kampus Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA), Jatiwaringin, Jakarta Timur, Sabtu-Minggu (10-11 November 2018). Gelaran tersebut merupakan kedua kalinya.

Sesuai dengan judul dan tema yang diusung, event ‘Hajatan Betawi UIA 2018′, menggelar beragam kegiatan yang berkaitan dengan ragam budaya serta berbagai potensi budaya Betawi. Kesemua itu diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri.

“Melalui kegiatan ini, jelas bukan hanya berbentuk kesenangan, tapi juga mengedukasi masyarakat. Baik untuk warga Betawi khususnya maupun bagi warga Jakarta secara umum,” ucap Prof Dr H Dailami Firdaus, Ketua Penanggungjawab ‘Hajatan Betawi UIA 2018’ itu kepada POSBERITAKOTA, Sabtu (10/11) kemarin.

Dipaparkan pria yang dikenal sebagai Senator asal DKI Jakarta dan akrab dipanggil Bang Dailami tersebut, pihaknya juga menggelar pameran dan sekaligus event diskusi seputar Budaya Betawi. “Jadi, ada pameran dan diskusi. Antara lain ada tentang arsitektur Betawi, berbagai macam lomba, bazaar serta talkshow,” paparnya.

Anggota DPD/MPR RI dari Daerah Pemilihah (Dapil) Jakarta tersebut, kembali menekankan tentang visi dan missinya dimana melalui gelaran ‘Hajatan Betawi UIA 2018‘ semoga dapat mewujudkan kemaslahatan0 bagi seluruh warga Jakarta.

Bang Dailami terobesi menjadikannya sebagai agenda tahunan UIA. “Insya Allah, ajang Hajatan Betawi ini ke depannya, bakal lebih sukses lagi. Karena itu, jika ada kekurangan, tentu dilakukan evaluasi menyeluruh,” tegas dia.

Gelaran ‘Hajatan Betawi UIA’ yang ke-II, dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Selain itu hadir pula tokoh-tokoh Kebudayaan Betawi serta dari seluruh pengurus pusat dan daerah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Pada sisi (samping-red) dan belakang panggung utama, digelar bazar yang diikuti para warga Jakarta. Sedangkan barang yang dijual pun berupa kuliner khas Betawi. Beberapa di antaranya bir pletok, kerak telor dan toge goreng. Termasuk peserta yang berjualan pakaian-pakaian dan pernak-pernik khas Betawi.

Tak ketinggalan pula dalam hajatan selama dua hari tersebut, digelar pula Pameran Mushaf Quran Betawi, Pameran Lukisan, Pameran Batik Betawi, Band Biang Kerok, Atraksi Silat, Palang Pintu, Abang None, Bazar Kuliner, Lomba Qasidah, Pantun, Lenong Betawi, Gambang Kromong, Fashion Show, Nonton Film Betawi, Talkshow maupun Donor Darah. ■ RED/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here