Berguru Merancang APBD, WAKIL RAKYAT 4 Daerah ‘Kunker’ ke DKI Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam rangka belajar menyusun rancangan yang baik tentang APBD, puluhan anggota dewan dari empat daerah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DKI Jakarta. Mereka ingin menggali ilmu yang lebih dalam kepada jajaran DPRD DKI Jakarta soal perencanaan dan pengesahan anggaran.

Rombongan wakil rakyat yang berasal dari empat daerah itu meliputi anggota dewan dari Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah), Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kalimantan Selatan), Kota Bogor (Jawa Barat) dan Kota Denpasar (Bali). Kedatangan rombongan anggota dewan dari beberapa daerah ini diterima anggota Komisi D DPRD DKI, Bestari Barus di gedung DPRD DKI Jakarta Jl Kebon Sirih, Jakpus, Selasa (13/11).

Dikatakan Bestari, rombongan anggota DPRD dari empat daerah ini ingin berbagi informasi soal kebijakan penyusunan rancangan APBD DKI tahun 2019.

“Mereka ingin mengetahui soal kebijakan penyusunan rancangan APBD tahun 2019, serta kerja sama ekonomi. Sebab selama ini, Pemprov DKI dikenal sangat profesional merancang penggunaan anggaran yang begitu besar. APBD DKI 2018 sebesar Rp 77,1 triliun,” ujar Bestari.

Kepada rombongan anggota dewan dari empat daerah, Bestari menjelaskan bahwa selama ini alokasi anggaran setiap program kerja SKPD untuk pembangunan dan kesejahteraan warga Jakarta tidak mengalami masalah.

Dia juga mengingatkan betapa pentingnya menjalin kerja sama antara eksekutif dan legislatif. “Sinergi positif antara legislatif dan eksekutif sangat penting dalam pemberdayaan potensi yang ada di wilayah,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Purbalingga, Sa’bani menuturkan, pihaknya melakukan kunjungan kerja ini karena DKI Jakarta lebih siap dan selalu jadi acuan banyak daerah. Selain itu, dia juga berharap kunjungan kerja ini dapat menciptakan kerja sama ekonomi dan investasi antara Pemprov DKI dengan Pemkab Purbalingga.

Menurutnya kerjasama itu dapat menguntungkan kedua belah pihak. “Pemprov DKI dapat membeli sayuran dan buah-buahan dari Kabupaten Purbalingga, sedangkan kami dapat untung dari penjualan,” tandasnya. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here