26.9 C
Jakarta
19 April 2024 - 03:36
PosBeritaKota.com
Nasional

Bukan 1 Juli, TITO KARNAVIAN Ungkap Fakta 21 Agustus Sebagai Hari Lahir Polri

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan fakta baru dan menarik, terkait kelahiran institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sebab, selama ini setiap 1 Juli selalu diperingati sebagai Hari Bhayangkara.

Dari fakta baru yang ditemukan, justru 21 Agustus 1945 dinilai sebagai momentum sangat terpenting bagi Polri. Jadi, bukan 1 Juli 1946, di mana Polri dipisahkan dari Kementerian Dalam Negeri.

“Polri sudah lahir lebih lama dari 1 Juli 1946. Justru empat hari setelah Indonesia merdeka, Polri sudah berdiri,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Rabu (14/11) kemarin di Jakarta.

Digambarkan Tito lebih lanjut bahwa saat itu ada peristiwa di mana seorang pimpinan Brigadir Mobil (Brimob) di Surayabaya, memproklamirkan bergabung dengan Republik Indonesia yang baru saja dideklarasikan oleh Soekarno-Hatta.

“Pasukan itu merupakan satu-satunya yang memiliki kemampuan terlatih dan persenjataan lengkap, karena merupakan pasukan di zaman Jepang dulu,” papar Kapolri saat memimpin peringatan HUT ke-73 Brimob di Kepulauan Riau (Kepri), kemarin.

Bukan cuma itu saja, sebut Tito Karnavian, Brimob juga terlibat dalam berbagai operasi, seperti dalam Peristiwa 10 Nopember dan mempertahankan NKRI dalam Pemberontakan Permesta serta DI/TII. “Brimob mampu menangani tingkat kekerasan yang cukup tinggi,” pungkasnya. ■ RED/TETE/GOES

Related posts

UNGGAH VIDEO HEROIK ‘INGAT PESAN ABAH’, H NURUL QOMAR SEBUT PEMUDA YANG DIBUTUHKAN INDONESIA SAAT INI & KE DEPAN

Redaksi Posberitakota

DAILAMI FIRDAUS : Apa Urgensinya Pemerintah Import Beras Khusus?

Redaksi Posberitakota

Dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO Janji Wujudkan Potret Polri Tegas & Humanis

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang