Ringankan Beban Nelayan P Seribu, PEMPROV DKI Bantu 5000 Benih Ikan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Kepulauan Seribu, Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan berupa 5 ribu benih ikan kerapu. Bantuan tersebut diberikan kepada lima kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang tersebar di sejumlah pulau.

Pemprov DKI melalui Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta menyerahkan bantuan tersebut di lokasi Balai Benih Ikan Laut ( BBIL) Pulau Tidung. “Tujuannya untuk meningkatkan taraf ekonomi nelayan yang tergabung dalam Pokdakan,” ujar Sartono, Kepala UPT Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Dinas KPKP DKI Jakarta, Sabtu (24/11).

Sedangkan bentuk bantuan 5000 benih ikan tersebut, tentu saja agar dibudidayakan dengan sistem karamba. Setelah nanti ikan tersebut sudah besar dapat dipanen dan dijual ke pasar.

Dijelaskan Sartono, rincian kelima Pokdakan tersebut adalah Pokdakan Tidung Mandiri Pulau Tidung, Pokdakan Bawal Putih Pulau Lancang, Pokdakan Pelangi dan Pokdakan Westpack dari Pulau Panggang serta Pokdakan Mandiri dari Pulau Kelapa Dua. “Masing-masing Pokdakan mendapatkan 1.000 benih ikan,” jelasnya.

Baca Juga:  Over Populasi Anjing-Kucing Liar, PEMPROV DKI Didesak Lakukan Steril & Vaksin Rabies

Sartono menambahkan bahwa benih ikan tersebut merupakan hasil produksi sendiri dari BBIL. “Tahun ini tingkat produksi kami sekitar 100 ribu ekor atau sekitar 80 persen dari target sebanyak 120 ribu ekor ikan kerapu,” jelas Sartono.

Hasil produksi tersebut dibagikan secara gratis kepada sejumlah nelayan untuk membantu meningkatkan modal usaha,” ujar Sartono.

Mohammad Hasan, salah satu anggota Pokdakan Pulau Tidur merasa bersyukur mendapat bantuan dari pemerintah. “Belakangan ini kehidupan nelayan di Pulau Seribu makin susah mencari ikan di laut sehingga sebagian di antaranya beralih menjadi pembudidaya ikan atau pembesaran ikan di jaring karamba,” ujar Hasan sambil menambahkan Pemprov DKI harus sering memberikan bantuan modal semacam ini. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan