Hujan Sampai Akhir November, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Banjir & Longsor

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Hujan deras disertai petir diramalkan bakal terus terjadi sampai akhir bulan November ini. Oleh karenanya seluruh masyarakat diminta waspada akan bahaya banjir, longsor dan pohon tumbang. Jangan dipandang remeh!

Penegasan tersebut disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, seperti dalam siaran pers yang dikirim ke media, Senin (26/11) kemarin. Jadi, masyarakat harus hati-hati terhadap dampak lanjutan dari situ.

Pihak BMKG pun, dikatakan Mulyono, akan terus menganalisa sekaligus memantau perkebangan curah hujan setiap saat. Terutama di sebagian wilayah Pulau Jawa. Sebab, itu dapat menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti terjadi genangan air dan longsor.

Menurut dia lagi telah terjadi adanya sirkulasi angin tertutup di Laut Jawa yang cukup memberikab dampak atau risiko hingga 3 atau 5 hari ke depan. Itu pul mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin di sepanjang Pulau Jawa, Bali dan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tak cuma itu saja. Dipaparkan bahwa adanya aliran udara basah yang masuk dari Samudera Hindia, ikut mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali dan NTT. Termasuk di Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Tenggara maupun di Maluku. ■ RED/DEMY/AYID

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here