26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 08:14
PosBeritaKota.com
Nasional

Jelang Tahun Baru, KEPALA BNN Minta Jajarannya Waspadai Sindikat Nasional & Internasional

BANDUNG (POSBERITAKOTA) – Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) RI, Komjen Pol Drs Heru Winarko, meminta jajarannya agar mewaspadai peredaran Narkoba menjelang pergantian akhir tahun. Pasalnya pada pergantian akhir tahun, biasanya peredaran Narkoba di Tanah Air bakal meningkat karena jaringan sindikat memanfaatkan momentum tersebut.

“Kita akan tingkatkan operasi. Kita ajak polisi, kita sharing,’’ ujarnya kepada wartawan usai memimpin acara ‘Asistensi Penguatan Relawan Narkoba dalam Menciptakan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar)’ yang diselenggarakan BNN Kota Bandung, di Graha Bhayangkara, Jl Cicendo, Kota Bandung, Rabu (28/1).

Menurut Heru, kondisi cuaca seperti ini (musim penghujan dan badai), di luar negeri membuat banyak nelayan atau pelaut tak melakukan aktivitas mencari ikan. Karena itu, banyak dari mereka (nelayan) memanfaatkannya dengan bisnis sampingan mengangkut Narkoba.

“Karena kita lihat dari luar (luar negeri) juga winter banyak kapal-kapal yang tak bisa melaut. Kondisi itu, dimanfaatkan untuk bisnis sampingan untuk ngangkut Narkob, kemudian diselundupkan ke Indonesia,” ujar jenderal bintang tiga tersebut.

Dalam pengarahannya kepada ratusan anggota TNI (Babinsa), Polri (Bhabinkamtibmas dan Lurah), Heru yang pernah menjadi Kapolsek Cicalengka, Kabupaten Bandung ini berpesan agar terus meningkatkan sinergi dalam memberantas peredaran Narkoba di wilayahnya masing-masing.

Sinergi personel Tiga Pilar (TNI, Polri dan Pemerintah Daerah/Kades atau Lurah) ini, diharapkan dapat mencegah peredaran dan pemberantasan Narkoba yang sudah merambah ke wilayah pedesaan. ‘”Terus tingkatkan sinergitas Tiga Pilar dengan masyarakat relawan anti Narkoba. Ini penting untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa,” kata dia.

Menurut Heru, aparat Tiga Pilar bisa menangkap pelaku kejahatan Narkoba yang beroperasi di wilayahnya. Hanya saja dalam penegakan hukum tersebut Tiga Pilar (Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades/Lurah), harus berpegang pada aturan yang berlaku. “Bisa menangkap pelaku jika ada barang bukti dan saksi. Kan itu tertangkap tangan,’’kata dia.

Kegiatan ‘Asistensi Penguatan Relawan Narkoba dalam Menciptakan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar)’ tersebut, juga dihadiri Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, Kepala BNN Provinsi Jabar Brigjen Pol Drs Sufyan Syarif, Walikota Bandung Oded M Danial, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema serta perwakilan Pangdam III Siliwangi.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Tiga Pilar dalam pencegahan dan pemberantasan Narkoba serta penyerahan buku panduan Desa Bersinar yang diserahkan Kepala BNN RI kepada Walikota Bandung. ■ RED/DONO D/GOES

Related posts

Terlalu, BUPATI SERANG Tak Ikutkan Desa Sukatani dalam Pilkades Serentak

Redaksi Posberitakota

Kecelakaan Tragis di Jalur Raya Puncak Ciloto-Cianjur Tewaskan 8 Orang

Redaksi Posberitakota

Patah Tulang Ekor, Peserta Balap Karung Butuh Dana Operasi Rp 80 Juta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang