Antisipasi Kebersihan Reuni 212, DINAS LH DKI Kerahkan 500 Petugas & Peralatan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upaya melayani kebersihan pada kegiatan Aksi Reuni 212, Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta akan bekerja all out. Dinas tersebut, akan mengerahkan 500 petugas berikut peralatan pendukung 10 truk sampah, 10 mobil kijang, 10 road sweeper, 300 sapu dan pengki, serta membagikan 10 ribu kantong plastik bagi pedagang dan peserta aksi.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Isnawa Aji, mengatakan pihaknya telah siap mengantisipasi timbulan sampah dari aksi Reuni 212 yang diperkirakan akan dihadiri ratusan ribu bahkan mungkin jutaan orang.

“Kami siap melayani kebersihan. Beberapa jam setelah aksi reuni selesai, sejumlah kawasan yang menjadi titik konsentrasi massa dijamin akan kinclong kembali,” ujar Isnawa usai memberikan pengarahan kepada anak di kantornya kawasan Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (30/11).

Menurutnya kesiapan Dinas LH mengantisipasi Reuni 212 yang berlangsung pada hari Minggu tanggal 2 Desember 2018 nanti, sudah cukup matang.

“Semoga umat muslim dari berbagai penjuru yang akan merayakan reuni tersebut bisa mengulang suasana tertib dan nyaman seperti tahun sebelumnya sehingga kami bisa bekerja lancar,” kata Isnawa yang akan mengerahkan sebagian besar personil di kawasan Masjid Istiqlal, Monas, Tugu Tani, Jl Medan Merdeka, Jl MH Thamrin dan Jl Sudirman.

Karena itu, pihaknya mengimbau sekaligus berharap, agar para peserta reuni maupun pedagang tidak membuang sampah sembarangan, melainkan dimasukkan ke dalam kantong plastik.

Selain melayani kebersihan, Dinas LH juga menyiapkan enam unit bus toilet yang akan ditempatkan di kawasan yang ramai. “Apalagi kegiatan tersebut bertepatan dengan Car Free Day, maka jumlah massa akan bertambah lebih banyak lagi dan membutuhkan bus toilet yang cukup banyak,” ujar Isnawa.

Pada kegiatan akbar semacam ini tentu banyak pula komunitas pelestari lingkungan yang membantu aparat membersihkan lingkungan. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here