26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 07:03
PosBeritaKota.com
Nasional

Di Sumbawa NTB, KAPOLRI Hadiri Silaturahmi Rohaniawan & Cendekiawan Lintas Agama

SUMBAWA (POSBERITAKOTA) – Kapolri Jenderal Polisi Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD menghadiri acara ‘Silaturahmi Rohaniawan dan Cendekiawan Lintas Agama untuk Indonesia Bersatu, Rukun dan Damai yang diselenggarakan di Pesantren Modern Internasional Dea Malela, Jumat (30/11) kemarin di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pejabat lain yang ikut mendampingi Kapolri di antaranya Asrena Kapolri, Kadivpropam Polri dan Kadivhumas Polri maupun lainnya dari Mabes Polri.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Prof Dr KH Muhammad Sirajuddin Syamsuddin MA selaku Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dea Malela ini, diikuti oleh 29 Rohaniawan dan Cendekiawan dari berbagai kalangan.

Mereka yang hadir dari tokoh MUI adalah Prof Dr Azyumardi Azra dan Dr Anwar Abbas MM. Untuk cendekiawan Muslim di antaranya Prof Dr Komaruddin Hidayat, Prof Dr R Siti Zuhro, Drs Usamah Hisyam dan KH Kikin A Hakim. Sedang dari cendekiawan Nasrani meliputi Pdt Dr Bambang Widjaja dan Yakobus Stefanus Muda SP.

Sementara itu ikut hadir pula cendekiawan Hindu, yaitu Drs I Nyoman Udayana dan Dr I Gede Rudia Adiputra M Ag. Begitu pula cendekiawan Budha yang hadir adalah Prof Dr Philip K Wijaya serta cendekiawan Konghucu diwakili oleh Drs Uung Sendana M Ag.

Dalam sesi dialog yang dibuka oleh Prof Dr KH Muhammad Sirajuddin Syamsuddin MA, Kapolri menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan semangat kerukunan antar umat beragama.

Menurut Kapolri bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan. Terlebih lagi dalam menghadapi beberapa agenda penting nasional ke depan. Baik itu terkait pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 serta pengamanan Pemilu di tahun 2019.

Dalam konteks tersebut, Kapolri juga berharap para rohaniawan dan cendekiawan dapat berperan aktif untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengintensifkan dialog antar tokoh agama.

Tak ketinggalan, para rohaniawan dan cendekiawan yang hadir, ikut menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Termasuk berkomitmen untuk mendukung upaya Polri dalam mewujudkan Pilpres dan Pileg tahun 2019 yang sejuk, aman, damai dan kondusif melalui aspek kerukunan antar umat beragama. ■ RED/SDON/GOES

Related posts

Hadapi Lonjakan Gelombang PHK, BPJAMSOSTEK Siapkan Berbagai Terobosan

Redaksi Posberitakota

Kejeblos Proyek Meikarta, WARGA BABELAN Bersyukur Bupati Bekasi Ditahan KPK

Redaksi Posberitakota

Blusukan ke RW 25 VGH, H SURYO PRANOTO Sosialisasi Nyaleg DPRD Kabupaten Bekasi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang