Tak Berpotensi Tsunami, MALUKU Dilanda Gempa Berkekuatan Magnito 6,5

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Situasi alam masih belum menentu dan masih banyak ancaman gempa, pasca kejadian di Lombok (NTB) dan di Palu-Sigi-Donggala (Sulteng). Gempa kembali terulang, seperti yang terjadi di Maluku, Sabtu (1/12) sekitar pukul 20.27 WIB dan berkekuatan magnito 6,5.

Menurut keterangan yang didapat dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) untuk lokasi gempa terpusat di 275 km Timur Laut Maluku Barat Daya. Sedangkan gempa itu sendiri dirasakan sangat lemah dan cuma terjadi sekitar 2 sampai 3 detik saja.

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, menuturkan bahwa meski terjadi gempa namun warga atau masyarakat Tiakur dan Saumlaki sebagai wilayah terdekat, nyaris tak terjadi kepanikan.

“Untuk di dua daerah itu, sering terjadi gempa setiap saat. Bahkan kekuatannya lebih dari itu. Beruntung tak mengakibatkan kerusakan,” jelas Sutopo.

Selain itu juga dikabarkan tak sampai menimbulkan korban jiwa atau kerusakan bangunan. Pihak PBBD Maluku Barat Daya masih terus melakukan pemantauan di lapangan. ■ RED/DEMMY/AYID

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here