Disampaikan Asisten Ekonomi, GUBERNUR DKI Minta Jaktour Kontribusi Bidang Wisata

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Perekonomian DKI Jakarta, Sri Haryati mendorong PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) dapat berkontribusi dalam pembuatan masterplan pariwisata kota Jakarta. Menurutnya, Gubernur Anies Baswedan sangat mengharapkan BUMD tersebut membuat terobosan untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Ibukota.

Menurut Sri, Jaktour memiliki peranan yang besar dalam pengembangan pariwisata di ibukota. “Salah satu caranya, dengan memperluas paket-paket wisata bagi kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” ujar Sri saat menghadiri perayaan HUT ke-14 PT Jaktour di Lapangan Arcici, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12).

Sebelumnya, kata Sri, Jaktour hanya konsentrasi pada manajemen hotel. Untuk kedepan Jaktour diharapkan dapat membantu kami, bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI untuk berkontribusi dalam pembuatan masterplan Pariwisata Jakarta.

Selain itu, di tengah persaingan usaha bidang perhotelan dan wisata yang terus meningkat dan semakin kompetitif, Jaktour diminta dapat meningkatkan daya saing dan menyesuaikan dengan kemajuan teknologi digital yang semakin berkembang. “Jaktour harus berupaya bagaimana membuat para wisatawan betah berlama-lama tinggal di Jakarta.

Salah satu caranya memberikan paket wisata yang menarik diiring dengan pembenahan diri sesuai dengan perkembangan zaman,” ujar Sri pada acara yang dihadiri sejumlah pejabat Pemprov DKI, termasuk Wakil Walikota Jakpus Irwandi.

Baca Juga:  Cek Bendungan Karian, PRESIDEN JOKOWI : Minta Proyek Cepat Diselesaikan

Sementara itu Direktur Utama PT Jaktour, G Jeffrey Z Rantung, mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung program pengembangan pariwisata yang telah dicanangkan Gubernur DKI Jakarta. “Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan menggelar festival kuliner, olahraga, seni budaya dalam satu acara sekaligus merayakan HUT ke-14,” kata Jeffrey.

Tidak hanya itu saja. Menurutnya dalam perayaan HUT tahun ini, pihaknya juga memberikan sertifikat pelatihan kewirausahaan kepada 170 peserta yang tergabung dalam 10 angkatan. Pelatihan ini dilakukan Jaktour bekerja sama dengan Perkumpulan Gerakan OK OCE.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan food festival dalam bentuk bazar yang diikuti 44 peserta dari 13 kecamatan di Jakarta. Ada pula kegiatan cooking contest, kompetisi try on the road yang diikuti 20 tim dari SMK Pariwisata se-DKI serta kegiatan turnamen sepakbola yang diikuti 32 tim dari sekolah dasar se-DKI Jakarta.

Kegiatan juga dimeriahkan pertandingan persahabatan tim sepakbola dari BUMD, SKPD, dan Kordinatoriat Wartawan Balaikota dan DPRD DKI Jakarta. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan