Galakkan Minat Baca Generasi Muda, PEMPROV DKI Tambah 15 Mobil Perpustakaan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam upaya menggalakkan minat baca bagi generasi muda, Pemprov DKI Jakarta bakal memperbanyak mobil perpustakaan keliling. Tujuannya untuk melayani masyarakat mendapatkan fasilitas perpustakaan gratis yang berkeliling di kawasan permukiman, sekolahan, maupun tempat keramaian lainnya.

Penambahan armada mobil perpustakaan keliling yang diusulkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusif) DKI Jakarta melalui Rancangan APBD 2019 telah disetujui DPRD DKI Jakarta sehingga dapat dipastikan tahun depan dapat direalisasi. Adapun pengadaan mobil yang didesain sebagai ruang perpustakaan keliling jumlah totalnya sebanyak 15 unit dan rencananya dibagikan ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta, Veri Yonnevil, mengatakan bahwa pihaknya telah menyetujui pengajuan penambahan mobil perpustakaan keliling. Mobil tersebut diharapkan dapat menjangkau warga di seluruh wilayah Ibukota. “Sudah kita setujui pengadaan mobil perpustakaan keliling di tahun 2019. Ini supaya moblitas tinggi dan bisa menjangkau ke mana-mana,” ujarnya di Jakarta, Minggu (9/12).

Menurut Veri, selain mobil perpustakaan kelilling, pihaknya juga meminta kepada Dispusip DKI Jakarta agar memperbanyak koleksi buku-buku tentang cerita nusantara.
“Perlu adanya penambahan buku cerita rakyat yang mengandung kearifan lokal agar pembentukan karakter bagi generasi muda dapat dilakukan sejak dini,” katanya.

Sementara itu Kepala Dispusip DKI Jakarta, Wahyu Haryadi, menjelaskan pada RAPBD 2019, pihaknya mengajukan penambahan 15 unit mobil perpustakaan keliling di lima wilayah dan satu kabupaten. “Saat ini kita sedang menunggu dari Kemendagri apakah pengadaan itu disetujui atau dievaluasi,” tandasnya.

Perpustakaan keliling saat ini masih dibutuhkan masyarakat, hal itu terlihat dari banyaknya warga yang menyerbu keberadaan fasilitas tersebut. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here