Pengusaha Tutup Akses Jalan, ANIES Didesak Cabut Kepgub Warisan Gubernur Djarot

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diingatkan anggota DPRD untuk menepati janji merevisi Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1323 Tahun 2017. Pasalnya kepgub warisan Gubernur Djarot Saiful Hidayat sangat merugikan warga Kampung Baru, Pulomas yang kehilangan akses jalan lingkungan karena ditutup perusahaan sebagai pemilik lahan ribuan meter di kawasan tersebut.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Prabowo Soenirman. “Karena sampai sekarang belum ada tindak lanjut dari Anies yang akan mengaudit Kepgub Nomor 1323,” katanya di Jakarta, Rabu (12/12).

Menurutnya Anies pernah menjanjikan hal itu saat menemui warga RT 07/RW 07, Kampung Baru, Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur, pada Rabu (22/11) silam.

Prabowo menjelaskan kepgub ini sangat merugikan warga dan sebaliknya menguntungkan perusahaan selaku pemilik lahan yang berada di kawasan permukiman itu.

“Dengan adanya kepgub itu, perusahaan tersebuy telah menutup akses jalan MHT yang selama bertahun-tahun digunakan warga untuk keluar masuk rumah. Sekarang warga harus berjalan berputar jauh. Kasihan mereka kehilangan akses lingkungan,” ujar Prabowo.

Baca Juga:  DKI & Polda Metro Galakkan Razia, ANIES Imbau Warga Manfaatkan Pemutihan Pajak

Anggota Komisi B DPRD DKI itu menjelaskan, Kepgub Nomor 1323 yang diteken politikus PDIP itu mengatur tentang penyerahan dan pelepasan hak atas tanah Jalan MHT seluas 541 meter persegi di Pulomas, Jakarta Timur kepada Nurdin Tampubolon selaku pemilik PT Nurdin Tampubolon Farm (PT NTF).

“Saya sebagai pendukung Anies saat Pilgub DKI 2017, berkewajiban mengingatkan Anies. Tuntaskan janjinya. Jangan kecewakan warga. Saya akan tagih terus apapun yang dijanjikan kepada masyarakat,” tegas Prabowo.

Dia menilai, kebijakan Djarot sangat dzalim karena merugikan warga. Karena itu, Anies tidak perlu ragu melakukan audit Kepgub 1323 tersebut. Sebab, jika tidak laksanakan sama saja Anies ingkar janji.

“Saya minta Anies tegur Inspektorat, agar segera menjalankan perintahnya,” ucap Prabowo.Menurutnya perintah Anies jelas agar Inspektorat melakukan audit proses atas pengambilan keputusan. Jangan sampai warga turun demo lagi,” pungkasnya. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan