Selama Libur Natal & Tahun Baru, BUS TRANSJAKARTA Layani Rute ke Tempat Rekreasi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Guna memberikan pelayanan angkutan yang nyaman bagi warga yang tengah libur panjang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan PT Transjakarta untuk mengoperasikan bus ke sejumlah tempat rekreasi. Tujuannya supaya masyarakat bisa menjangkau kawasan wisata melalui armada busway yang murah meriah.

Anies mengatakan PT Transjakarta telah mengoperasikan layanan khusus Natal dan Tahun Baru berupa bus Transjakarta ke sejumlah tempat wisata. “Supaya masyarakat bisa menikmati rekreasi dengan biaya murah. Tiket bus Transjakarta itu sangat murah, cuma bayar Rp 3.500, kita bisa seharian berkeliling Jakarta asal tidak keluar dari jaringan selter busway,” ujar Anies di Balaikota, Kamis (27/12).

Dirut PT Transjakarta, Agung Wicaksono menambahkan, mulai 26 Desember hingga 6 Januari 2019, layanan Transjakarta rute Pulogadung-Ragunan dan Puri Beta-Ragunan beroperasi setiap hari.

“Sebelumnya, kedua rute ini hanya melayani penumpang saat akhir pekan dan hari libur. Tapi kali ini kita operasikan tiap hari, selama dua minggu berturut-turut. Kedua rute ini kita buka untuk memudahkan akses masyarakat menuju Ragunan,” ujarnya.

Agung melanjutkan, pihaknya juga menyediakan layanan bus keliling (shuttle bus) Metrotrans dari SMKN 57, Kementerian Pertanian menuju Ragunan atau sebaliknya mulai 24 Desember 2018. “Layanan ini gratis. Jadi warga bisa memarkirkan kendaraan pribadinya di kantong-kantong parkir yang sudah disediakan lalu menuju Ragunan dengan shuttle bus,” katanya.

Selain itu, sambung Agung, pihaknya juga akan menambah jumlah bus yang beroperasi di Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), dan Koridor 7 (Kampung Rambutan-Ancol) pada momen liburan akhir tahun.”Transjakarta beroperasi 24 jam,” ucapnya.

Ia menambahkan, masyarakat yang ingin berkeliling kota Jakarta dapat memanfaatkan layanan bus tingkat secara cuma-cuma. Terhitung ada tujuh layanan bus tingkat yang siap dioperasikan.

Berikut tujuh layanan bus tingkat yang disediakan:

1. History of Jakarta (BW1) dengan rute Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional, Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda

2. Jakarta Modern (BW2) mulai dari Juanda-Monas-Balai Kota- Sarinah–Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.

3. Art and Culinary (BW3) memiliki rute Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota.

4. Jakarta Skyscrapers (BW4) dengan layanan Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.

5. RPTRA Kalijodo (BW5) dari Balai Kota-Sarinah-Tosari, RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balaikota.

6. Makam Mbah Priok (BW6) melayani Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok.

7. Jakarta Shopping (BW7) dengan layanan dari Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here