DLH Kerahkan 6800 Petugas, JAKARTA Bakal Kinclong Pasca Pesta Malam Tahun Baru

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 6.800 satuan tugas kebersihan pada malam tahun baru 2019. Dengan banyaknya petugas yang dikerahkan di lapangan, diharapkan di hari pertama 2019, Selasa (1/1) pagi seluruh Jakarta ditargetkan bersih dari sisa-sisa perayaan pergantian tahun.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Isnawa Adji, mengatakan ribuan petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. “Bahkan, kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayah masing-masing,” kata Isnawa Adji di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (28/12).

Dinas Lingkungan Hidup juga mengerahkan sarana kebersihan berupa kendaraan angkut sampah jenis compactor 100 unit, mobil penyapu jalan otomatis (road sweeper) 50 unit, pickup lintas 42 unit, 25 bus toilet, menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam dan menyebar ribuan dust bin di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru.

Dinas Lingkungan Hidup juga menggandeng komunitas peduli lingkungan, seperti Pramuka dalam aksi simpatik pemberian kantong wadah sampah kepada pedagang. “Pengunjung dan pedagang kaki lima diharapkan dapat membantu petugas dengan meletakkan sampah di tempat-tempat yang telah disediakan,” katanya.

Dia mengungkapkan bahwa ribuan petugas dan sarana kebersihan tersebut disiagakan sejak Senin sore (31/12) sampai Selasa pagi (1/1) secara menyebar di seluruh lokasi yang menjadi pusat keramaian warga pada malam tahun baru 2019 Jakarta.

Beberapa titik keramaian perayaan pergantian tahun, di antaranya di Jakarta Pusat, yaitu di Jalan Thamrin berupa acara nikah masal dan tausyiah akbar Aa Gym, Kawasan Monas, Bundaran HI, Jalan Benjamin Sueb Kemayoran, Taman Ismail Marzuki (TIM).

Sedangkan Jakarta Selatan meliputi di Kawasan Situ Babakan, Kemang Raya, Kuningan Epicentrum dan Ragunan. Jakarta Barat di Kawasan Kota Tua, Mangga Besar dan sekitar Kantor Walikota Jakarta Barat dan Perkantoran CNI.

Jakarta Utara di Kawasan Danau Sunter, Kelapa Gading dan Ancol. Jakarta Timur di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Mesjid At-Tin dan sekitaran Walikota Jakarta Timur. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here