PosBeritaKota.com
Nasional

Berzakat Tanpa Uang, BAZNAZ Kembangkan Kemudahan Donasi Bersama GotonyRoyong.in

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama platform GotongRoyong.in mengembangkan inovasi dalam melayani masyarakat untuk berdonasi tanpa menggunakan uang. Muzaki cuma diwajibkan nonton iklan dan itu sudah mendatangkan uang untuk didonasikan kepada mustahik.

Acara peluncuran kemudahan donasi ini diselenggarakan di Kantor BAZNAS, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (4/1). Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta, mengatakan, BAZNAS terus berinovasi, menggunakan setiap potensi dan perkembangan teknologi yang ada untuk memberikan kemudahan layanan berdonasi bagi masyarakat Indonesia yang gemar membantu dan menolong sesamanya.

Menurutnya BAZNAS mengembangkan inovasi memberikan layanan kemudahan berdonasi. “Masyarakat bisa melakukan donasi bantuan dengan mudah, tidak perlu menggunakan uang, hanya dengan menonton video yang ada di platform tersebut yang sama saja dengan kita berdonasi,” katanya. Uang tersebut nantinya bisa diamalkan kepada para mustahik maupun korban bencana.

Arifin menambahkan belakangan ini, bencana alam beberapa kali terjadi di Indonesia, mulai gempa di Lombok, gempa tsunami di Palu, tsunami di Banten dan Lampung, hingga longsor di Sukabumi. Donasi yang terkumpul dari masyarakat di platform tersebut akan disalurkan melalui BAZNAS, untuk membantu para korban bencana.

“BAZNAS selalu proaktif ketika terjadi kebencanaan. BAZNAS ikut melakukan proses evakuasi pencarian korban, membuka layanan kesehatan, pendistribusian logistik, pembangunan hunian sementara (Huntara) dan lain-lain.

Sementara itu CEO GotongRoyong.in, Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi mengatakan, kerjasama ini karena pihaknya memiliki visi yang sama dengan BAZNAS untuk memudahkan masyarakat berbagi. “Semoga kerja sama dengan BAZNAS ini bisa semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang membantu sesama, terlebih berdonasi melalui GotongRoyong.in sangatlah mudah, hanya dengan menontom video sudah sama dengan berdonasi. Jadi berdonasi uang tanpa uang,” katanya.

Ia menambahkan, platform donasi ini didirikan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) di bawah naungan Lab Reliable Sofware Engineering (RSE) Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI.
Radhiyan menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin berdonasi, hanya perlu mengunjungi alamat website GotongRoyong.in, pilih donasi bekerja sama dengan BAZNAS, lalu pilih Donasi Gratis.

“Kemudian masyarakat akan diarahkan ke halaman yang berisikan video berdurasi 10 detik, tonton video hingga selesai, maka pihak sponsor akan membayarnya kepada kami lalu uang tersebut kami serahkan kepada BAZNAS untuk digulirkan kepada masyarakat,” katanya. ■ RED/JOKO

Related posts

Kastaf Koarmabar Terima Kunjungan Tim Wasrik BPK RI

Redaksi Posberitakota

Geger Virus Cacar Monyet, KETUA DPR RI Minta Masyarakat Tetap Waspada

Redaksi Posberitakota

Setelah 5 Tahun Jadi Gubernur DKI, ANIES BASWEDAN Pamitan & Ketemu Jokowi di Istana Kepresidenan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang